Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Provinsi Jawa Barat

Febriansyah, Pranada (2021) Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan dan jasa pos, yang terdiri dari Layanan Bisnis Komunikasi, Bisnis Logistik dan Bisnis Keuangan. Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff 26 Agustus 1746. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya rasa penasaran penulis pada fenomena yang terjadi pada lingkungan kerja, dan ingin dibuktikan dengan proses yang scientific. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial (satu persatu) maupun secara simultan (bersama-sama). Peneliti menggunakan teori-teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel simple random sampling, dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah responden yang ada sebanyak 89 responden. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yang meliputi Uji Korelasi, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi (R^(2 )). Hasil analisis menggunakan regresi linier berganda menunjukkan kecerdasan emosional dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis Uji Korelasi menunjukkan nilai koefesien korelasi (Corelation Coeficient) dari variabel kecerdasan emosional bernilai korelasi nyata dengan kinerja yaitu 0.801, kategori sangat tinggi dan variabel motivasi kerja juga memiliki korelasi nyata dengan nilai korelasi product moment pearson 0.904 kategori sangat tinggi. Hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi kerja memilki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel kecerdasan emosional, t hitung > t tabel (2,622 > 1,662) dan variabel motivasi kerja t hitung > t tabel (9,796 > 1,662) nilai signifikansi kecerdasan emosional adalah 0.010 < 0.05, dan variabel motivasi kerja adalah 0,000 < 0,05. Hasil Uji F, kecerdasan emosional dan motivasi kerja secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi kinerja, F hitung > F tabel (210,997 > 3,10), nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi (R^2) 0,831 atau 83,1%. Menunjukkan presentase pengaruh kecerdasan emosional (X_1) dan motivasi kerja (X_2) terhadap kinerja karyawan (Y) adalah sebesar 83,1%. Sedangkan sisanya 16,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Motivasi Kerja; Kinerja Karyawan
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Pranada Febriansyah
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:22
Last Modified: 05 Jul 2021 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40355

Actions (login required)

View Item View Item