Amaliyah Tadris dalam upaya menumbuhkan karakter peserta didik sebagai calon pendidik: Penelitian di Madrasah Aliyah Annajah Bekasi

Febriansyah, Hari (2021) Amaliyah Tadris dalam upaya menumbuhkan karakter peserta didik sebagai calon pendidik: Penelitian di Madrasah Aliyah Annajah Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini tentang ‘Amaliyah Tadris Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Sebagai Calon Pendidik di Madrasah Aliyah Annajah Bekasi. Madrasah Aliyah Annajah Bekasi memiliki program khusus kurikulum yang berkaitan dengan pelaksanaan praktek mengajar yang diistilahkan degan kegitan ‘amaliyah tadris. Program ini melibatkan peserta didik kelas XII Madrsah Aliyah Annajah Bekasi sebagai bentuk nyata dan realisasi tentang teori mengajar yang dipelajari oleh peserta didik dari kelas X hingga kelas XII. Dari kegiatan ‘amaliyah tadris ini diharapkan dapat menumbuhkan karakter peserta didik sebagai calon pendidik yang memilki kemampuan dan keterampilan dalam pendidikan dan pengajaran. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan latar belakang kegiatan ‘amaliyah tadris di Madrasah Aliyah Annajah Bekasi, (2) Mendeskripsikan desain kegiatan ‘amaliyah tadris di Madrasah tersebut, (3) Mendeskripsikan program kegiatan ‘amaliyah tadris di Madrasah tersebut, (4) Mendeskripsikan proses kegiatan ‘amaliyah tadris di Madrasah Aliyah tersebut, 5) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ‘amaliyah tadris di tersebut, (6) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada kegiatan ‘amaliyah tadris di Madrasah Aliyah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan atau menganalisis data-data yang diperoleh dari Madrsah Aliyah Annajah Bekasi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang kegiatan ‘amaliyah tadris adalah adanya keinginan lembaga dalam menanamkan skill berbicara atau tampil di depan umum dan skill berbahasa, (2) Desain kegiatan ‘amaliyah tadris adalah tentang teori mengajar yang dipelajari oleh peserta didik dari kelas X hingga kelas XII dengan merujuk buku at-Tarbiyah al-‘Amaliyyah sebagai sumber belajar, (3) program kegiatan ‘amaliyah tadris merupakan bagian dari desain kurikulum Madrasah Aliyah Annajah Bekasi dalam membekali peserta didik dengan kegiatan praktek mengajar, (4) proses kegiatan ‘amaliyah tadris terdapat tiga tahapan, tahapan kognitif (tahapan perencanaan), tahapan pelaksanaan dan tahapan feedbeck atau balikan, (5) faktor pendukung: kesiapan dan kekompakkan panitia dalam pelaksanan ‘amaliyah tadris, adanya contoh-contoh I’dad atau RPP, kesiapan dan tanggung jawab peserta selama menjalani pembekalan praktek. Sedangkan faktor penghambat: adanya kendala teknis dalam pelaksanaan ‘amaliyah tadris, pemilihan guru pembimbing yang sama dari peserta ‘amaliyah tadris, terbatasnya sarana dan media pembelajaran, kurangnya kepercayaan diri peserta didik, kecemasan sewaktu pelaksanaan ‘amaliyah tadris. (6) Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan ‘amaliyah tadris dapat menumbuhkan karakter peserta didik. Adapun karakter yang dapat ditumbuhkan dari program ‘amaliyah tadris adalah sebagai berikut: karakter tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, religius, jujur, disiplin , toleransi, komunikatif, kerja keras, mandiri dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Amaliyah Tadris; Karakter Peserta Didik; Madrasah
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hari Febriansyah
Date Deposited: 04 Jul 2021 23:18
Last Modified: 21 Jan 2022 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40347

Actions (login required)

View Item View Item