Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Assemblr pada materi virus

Al-Aslamah, Rifka (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Assemblr pada materi virus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan LKPD mempunyai peran yang besar dalam proses pembelajaran karena dengan mengerjakan LKPD, peserta didik dapat menemukan konsep-konsep secara mandiri melalui aktivitas yang terjadi. Kenyataan di lapangan terkait penggunaan LKPD tidaklah mudah, banyak ditemukan kendala terkait penerapannya. Hal tersebut terjadi karena masih ditemukannya kekurangan pada LKPD yang digunakan, seperti dari aspek tampilan, isi, dan juga bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan, analisis kelayakan, serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi assemblr pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan mengikuti model pengembangan 4-D, tetapi dibatasi hanya sampai pada tahapan 3-D, yaitu define, design, dan juga develop. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Subjek penelitian terdiri dari empat orang validator ahli serta 36 orang siswa kelas X MIPA 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan yang dilakukan terhadap LKPD yang dikembangkan, hasil rata-rata validasi ahli mendapatkan persentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid, dan hasil rata-rata uji keterbacaan siswa sebesar 3.3 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan, LKPD berbasis project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi assemblr pada materi virus mengalami satu kali perbaikan dengan hasil revisi yang bersifat sangat valid serta sangat baik sehingga layak digunakan pada pembelajaran materi virus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; PjBL; Assemblr; Augmented Reality; Virus;
Subjects: Education
Biology > Biologist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rifka Al-Aslamah Dira
Date Deposited: 02 Jul 2021 00:04
Last Modified: 02 Jul 2021 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40310

Actions (login required)

View Item View Item