Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP): Penelitian korelasi pada siswa Kelas VII SMPN 17 Bandung

Kholifah, Ai Nur (2020) Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP): Penelitian korelasi pada siswa Kelas VII SMPN 17 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, perpustakaan merupakan sebuah ruangan yang berisi buku-buku. Sementara itu buku adalah sumber pengetahuan yang merupakan alat untuk mencerdaskan bangsa yang sangat efensial. Akan tetapi, kenyataan yang ada minat membaca siswa pada masa sekarang ini kurang mengoptimalisasikan pemanfaatan perpustakaan yang disediakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) 3) Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII di SMP Negeri 17 Bandung. Penelitian ini bertitik tolak pada sebuah pemikiran bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah dapat memberi pengaruh dan dampak positif pada hasil belajar kognitif siswa. Dengan memanfaatkan perpustakaan dengan baik maka wawasan siswa akan bertambah. Bertambahnya wawasan akan meningkatkan pengetahuan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kognitifnya. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Ha: Terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB). Penelitian ini termasuk pada penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 17 Bandung dengan populasi 335 diambil sampel 15% yaitu 50,25, dibulatkan menjadi 50 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMPN 17 Bandung dari 10 Juli 2020 s/d selesai. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis data yaitu uji regresi linier dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMPN 17 Bandung berkategori baik dengan nilai 3,67 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (2) Hasil belajar kognitif siswa di SMPN 17 Bandung berkategori baik dengan nilai rata-rata raport 86 yang berada pada interval 84-92. (3) Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMPN 17 Bandung termasuk ke dalam kategori kuat dengan nilai pearson correlation sebesar 0,655, karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 0,61 – 0,08. Besar hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil beajar kognitif siswa sebesar 42,9% dan 57,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari pemanfaatan perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah; Hasil Belajar; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ai Nur Kholifah
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:41
Last Modified: 29 Jun 2021 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40243

Actions (login required)

View Item View Item