Profil metakognitif dan respon siswa melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan

Muhayah, Muni Siti (2021) Profil metakognitif dan respon siswa melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Menganalisis metakognitif siswa melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan; 2) Menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan; 3) Menganalisis hubungan metakognitif dengan respon siswa melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan metode korelasional, desain penelitian yang digunakan yaitu cross-sectional survey design, pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kuantitatif berupa ekspos fakto. Data berupa kemampuan metakognitif yang dikumpulkan dengan lembar berupa angket MAI (Metacognitive Awarness Inventory) dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Profil metakognitif siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMPN 56 Bandung secara keseluruhan memiliki kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,03%. 2) Respon siswa secara keseluruhan melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMPN 56 Bandung berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 79,06%. 3). Hubungan metakognitif dengan respon siswa melalui pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMPN 56 Bandung terdapat hubungan positif yang signifikan dan rentang kekuatan hubungannya rendah. Besarnya pengaruh metakognitif terhadap respon siswa melalui pembelajaran daring adalah 13,8%, sehingga 86,2% dipengaruhi oleh faktor luar. Hal ini dapat menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kesadaran pada proses kognitif, dan bisa mengatur strategi belajarnya sendiri dalam proses pembelajaran daring pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metakognitif; Respon Siswa; Pembelajaran Daring; Sistem Pencernaan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Muni Siti Muhayah
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:46
Last Modified: 30 Jun 2021 09:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40240

Actions (login required)

View Item View Item