Pengembangan media pembelajaran berbasis weblog untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi GLB dan GLBB

Firdaus, Muhammad Taufiq (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis weblog untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Fisika merupakan bagian mata pelajaran disekolah menengah atas yang terdapat pada jurusan MIPA. Penggunaan media pembelajaran dapat mendukung penguasaan konsep peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan media pembelajaran berbasis weblog, 2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis weblog, dan 3) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis weblog. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 4,538 dan 2,064 sehingga t_hitung>t_tabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis weblog ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, 2) berdasarkan uji peningkatan menggunakan N-gain, didapatkan bahwa rerata nilai N-gain yang didapat oleh peserta didik memiliki kategori sedang, serta 3) berdasarkan angket respon, peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran weblog.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; weblog; GLB; GLBB
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Taufiq Firdaus
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:50
Last Modified: 30 Jun 2021 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40204

Actions (login required)

View Item View Item