Manajemen Dakwah Identitas & Eksperimentasi

Machendrawaty, Nanih (2021) Manajemen Dakwah Identitas & Eksperimentasi. CV. Mimbar Pustaka, Pustaka Nasional. ISBN 978-623-93889-3-5

[img]
Preview
Text (Full Text)
Manajemen Dakwah Identitas & Eksperimentasi - Nanih machendrawaty.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

A. PILIHAN MASALAH Apabila kita sependapat bahwa Dakwah itu adalah panggilan/ajakan kepada insani menuju ke jalan Illahi, maka landasan untuk mendasari dakwah Islamiyah itu antara lain: 1. Kebenaran ajaran Islam yang universal, tidak membedakan warna kulit, ras, dan bangsa serta menyeru hanya berbakti kepada Allah Yang Maha Esa, maka ajaran yang demikian menurut kodratnya memang harus tersiar. 2. Muhammad Rasulullah saw, dalam seluruh kehidupannya memberikan contoh teladan bahwa tanpa mengenal lelah beliau menyiarkan dan mendakwahkan Islam yang hasilnya dapat kita lihat sampai sekarang ini. Kini sudah 15 abad, pengaruhnya masih tetap kuat dan mendalam serta berakar. "...dialah Nabi Muhammad satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi. Berasal-usul dari keluarga sederhana, Muhamrmad menegakkan dan menyebarkan salah satu dari agama terbesar di dunia, agama Islam. Dan pada saat yang bersamaan tampil sebagai seorang pemimpin tangguh, tulen dan efektif. Kini lebih 13 abad sesudah wafatnya, pengaruhnya masih tetap kuat dan mendalam tetap berakar (Michael H. Hart, Seratus Tokoh Yang Berpengaruh Dalam Sejarah. Terjemahan H. Mahbub Junaidi Pustaka Jaya). 3. Mengajak ataupun menyiarkan Islam diperintahkan oleh Allah yang Maha Bijaksana, sehingga menyiarkan Islam pada hakekatnya merupakan suatu kewajiban. "...setiap muslim harus menyiarkan agamanya baik pengetahuannya sedikit apalagi banyak, kepada orang lain yang belum mengetahuinya. Hal ini disebabkan karena kebenaran yang terdapat dalam dada tiap muslim tidak akan diam, kecuali kebenaran itu terwujud dalam pikiran, perkataan dan perbuatannya. Dan ia tidak akan merasa puas hingga ia menyampaikan kebenaran itu kepada tiap-tiap orang, sehingga apa yang la percayai benar itu juga diterinma sebagai kebenaran oleh setiap anggota masyarakat umat manusia (Dr. A. Mukti Ali, Faktor-Faktor Penyiaran Islam: 19...). Dalam kontek yang berbeda-beda, di dalam Al-Qur’an cukup banyak ayat-ayat tentang dakwah. aliran kepercayaan, kontinyu yang notabene sebagai orang-orang Islam harus kita oproach sebagai orang-orang Islam harus kita approach untuk kembali kepada agamanya dengan pendekatan menunjukan persamaannya, bukan mencari perbedaan-perbedaannya. • Solidaritas sosial atau peraturan. Selama ini selalu diusahan melalui politik atau agama dalam arti sempit yaitu dengan jalan tidak membicarakan soal-soal hukum yang berhubungan dengan furu' sampai sekarang hasilnya belum menggembirakan. Sudah waktunya organisasi dakwah mengadakan kerjasama di bidang pendidikan, pertanian, kesehatan, dan sebagainya. Organisasi dakwah bersama mendirikan sekolahan, membuat sebuah poliklinik, menciptakan kesenian yang Islami yang syahdu serta bersama-sama mendirikan koperasi dan sebagainya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Dakwah; Identitas; Eksperimentasi
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Abdul Yami YAMI
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:04
Last Modified: 09 Sep 2021 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40190

Actions (login required)

View Item View Item