Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Concept siswa : Penelitian kuasi eksperimen

Aryanti, Feti (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Concept siswa : Penelitian kuasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditunjukan dari hasil studi pendahuluan peneliti disalah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Pandeglang. Salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (b) Self concept siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Pandeglang pada kelas VIII-B dan VIII-D dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (a) Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (N-Gain) setelah memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal adalah 0,52 dan rata-rata N-Gain pada pembelajaran konvensional adalah 0,41. (b) Self concept siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan model kooperatif tipe berkirim salam dan soal sebagian besar siswa memberikan sikap yang positif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat membantu dalam meningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal; Berpikir Kreatif Matematis; Self Concept
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Feti Aryanti
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:44
Last Modified: 12 Jul 2021 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40185

Actions (login required)

View Item View Item