Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik utang piutang dengan sistem kelompok tanggung renteng di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang

Maulana, Imam (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik utang piutang dengan sistem kelompok tanggung renteng di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Utang piutang dalam Islam merupakan suatu bentuk pendekatan guna bertabarru’ dengan sikap lemah lembut terhadap sesama manusia yang saling mengasihi serta memberikan sesuatu yang dapat memudahkan mereka yang dihadapinya dalam masa kesulitan, yang semua itu diberikan hanya semata-mata mencari ridha dari Allah SWT. Tetapi pelaksanann utang piutang yang terjadi di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang yang sudah dilakukan kurang lebih 5-6 tahun dan sudah mempunyai 6 kelompok yang beranggota keseluruhannya dari kalangan ibu-ibu rumah tangga. Pada transaksinya pemberian pinjaman modal usaha oleh kreditur ada batas nominalnya serta pemberi pinjaman modal usaha memberikan tambahan biaya sekitar 25%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan praktik utang piutang dengan sistem kelompok tanggung renteng di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik utang piutang dengan sistem kelompok tanggung renteng di Desa Pasanggrahan Kecamatn Kasomalang Kabupaten Subang. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini di dasarkan pada bahwa praktik utang piutang yang terjadi di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang ini apa sudah sesuai dengan ketentuan syar’a, yaitu terpenuhinya rukun dan syarat serta sesuai asas-asas dan prinsip-prinsip muamalah. Bahwasanya dalam praktik utang piutang harus bersifat ta’awun (tolong menolong) dan terhindar dari gharar, riba, dan maisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu mencari sesuatu yang fakta dengan interpretasi yang tepat seperti masalah-masalah yang terjadi di lingkungan mayarakat, serta tata cara yang berlaku dilingkungannmasyarakat seperti situasi hubungan, prilaku,ssikap, dan pandangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu dengan cara wawancara langsung dengan pihak pemberi utang dan pihak yang melakukan piutang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik utang piutang dengan sistem kelompok tanggung renteng yang terjadi di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang ini merupakan tergolong riba qardhi. Ada salah satu syarat yang tidak diperbolehkan oleh asas-asas dan prinsip-prinsip muamalah yaitu tambahan sebagai keuntungan yang dipersyaratkan oleh pihak pemberi pinjaman diawal perjanjian sebesar 25%. Walaupun secara rukun dan syaratnya sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Utang Piutang; Tanggung Renteng; Kafalah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Riba
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Imam Maulana
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:15
Last Modified: 29 Jun 2021 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40176

Actions (login required)

View Item View Item