Perkembangan bahasa anak usia dini: Perbandingan penggunaan metode bermain kartu kata bergambar dengan metode Role Playing di RA Al Barokah Paseh Kab Bandung

Fadillah, Neng Ainul (2019) Perkembangan bahasa anak usia dini: Perbandingan penggunaan metode bermain kartu kata bergambar dengan metode Role Playing di RA Al Barokah Paseh Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover Neng Ainul Fadillah.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi .pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BabI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BabIII .pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi berawal dari melihat perkembangan bahasa pada anak di RA Al-Barokah masih rendah, hal ini juga terlihat pada saat anak diminta menceritakan tentang pengalamannya sendiri, masih terdengar kurangnya kosakata. RA ini memfokuskan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja anak, sehingga kurang memberi kesempatan anak untuk menyampaikan suatu pendapatnya atau ide gagasan yang dimilikinya melalui keterampilan berbahasa sehingga anak menjadi kurang terampil dalam berbicara dan kurang membawa anak untuk berani menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Hasil perkembangan basa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain kartu kata berambar. 2) Hasil perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode role playing 3) Hasil perbandingan perkembangan bahasa anak usia dini penggunaan metode bermain kartu kata bergambar dengan metode role playing. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh ketepatan guru memilih metode pembelajaran. Hipotesis diartikan sebagai pernyataan sementara yang masih lemah kebenarannya, maka perlu diuji kebenarannya. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan perkembangan bahasa anak usia dini yang signifikan antara metode bermain kartu kata bergambar dengan metode role playing di RA Al Barokah Paseh Kab Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif, Penelitian komparatif adalah penelitian yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda .Tujuan dalam penelitian yaitu untuk membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang di selidiki. Peneliti menggunakan 2 kelas yaitu kelas A1 20 siswa dan A2 20 siswa, jadi keseluruhan sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan bahasa anak dengan menggunakan metode bermain kartu kata bergambar diperoleh nilai rata-rata 76 sedangkan metode role playing diperoleh nilai rata-rata 70. Keduanya berkualifikasi tergolong baik, namun jika dilihat dalam aspek perembangan anak, maka perkembang bahasa anak dengan menggunakan metode bermain kartu kata bergambar dengan metode role playing termasuk kedalam kategori berkembang sesuai harapan. Perbandingan penggunaan metode bermain kartu kata bergambar dengan metode role playing memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil post-test uji hipotesis yang menunjukan nilai thitung = 3,077 > ttabel = 1,994 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Metode Bermain Kartu Kata Bergambar; Role Playing;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Language
Applied Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Neng Ainul Fadillah
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:20
Last Modified: 25 Jun 2021 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40173

Actions (login required)

View Item View Item