Implementasi terhadap pernikahan di bawah umur menurut undang-undang nomor 16 tahun 2019 perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan : Studi kasus di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang

Hayati, Wawat Wardatul (2021) Implementasi terhadap pernikahan di bawah umur menurut undang-undang nomor 16 tahun 2019 perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan : Studi kasus di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy

Abstract

Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 yang sekarang di perbarui menjadi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan menjadi 19 (Sembilan Belas) tahun bagi pria dan wanita. Bertujuan agar calon suami dan calon isteri matang jiwa dan raganya untuk melangsungkan suatu perkawinan mewujudkan tujuan perkawinan yang baik tanpa berakhir pada perceraian serta mendapatkan keturunan yang sehat dan berkualitas. Akan tetapi di temui di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang masih ada yang melaksanakan perkawinan di bawah umur dengan syarat pengajuan Dispensasi Nikah ke Pengadilan Agama. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 terhadap perkawinan di bawah umur di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang, mengetahui Faktor penyebab terjadinya perkawinan di bawah umur di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang, serta mengetahui upaya KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang dalam Penerapan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan teori Penegakan Hukum. Penegakan Hukum tersebut sudah di terapkan oleh pihak KUA, dengan adanya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 dalam menaikan batas usia perkawinan bagi perempuan menjadi 19 (Sembilan Belas) Tahun ini bertujuan untuk bisa lebih memenuhi hak-hak anak agar bisa berkembang dengan baik dan dapat pendidikan yang lebih tinggi serta dapat mewujudkan tujuan suatu perkawinan yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Metode Penelitian yang di pakai yaitu deskriptif analisis yang bertujuan untuk megambarkan suatu peraturan perundang-undangan juga peraturan lainnya yang berlaku, kemudian di hubungkan dan di analisis dengan teori-teori ilmu hukum agar menemukan jawaban atas permasalahan yang di teliti. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan Studi Pustaka (Library Research). Hasil penelitian (1) Bagaimana Penerapan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 terhadap pernikahan di bawah umur di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang ini sudah di laksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku (2) Faktor penyebab terjadinya perkawinan di bawah umur di KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang ini karena faktor orang tua, rendahnya pendidikan, faktor lingkungan, faktor pergaulan bebas, dan faktor ekonomi (3) Upaya KUA Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang dalam penerapan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 yakni dengan adanya sosialisasi bulanan dalam pengajian atau majelis ta’lim di masjid untuk memberi arahan atau memberikan pengetahuan bahwa perkawinan di bawah umur 19 Tahun tidak di perbolehkan dan memberikan penjelasan dari dampak bahayanya perkawinan di bawah umur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pernikahan di bawah umur
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Wawat Wardatul Hayati
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:10
Last Modified: 25 Jun 2021 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40172

Actions (login required)

View Item View Item