Pengaruh Muhasabah terhadap perilaku Adiksi internet : Studi pada mahasiswa penerima PBSB Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2017

Jayati, Eva Agustina (2021) Pengaruh Muhasabah terhadap perilaku Adiksi internet : Studi pada mahasiswa penerima PBSB Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, internet sudah dijadikan sebagai prioritas bagi setiap individu. Terlepas dari manfaat yang disuguhkan oleh internet, tanpa disadari internet juga dapat memberikan risiko, baik terhadap fisik maupun psikis. Hal tersebut dapat terjadi ketika individu tidak mampu mengontrol diri dalam menggunakannya. Inilah yang dinamakan dengan adiksi atau ketergantungan terhadap internet. Internet menjadi salah satu pemicu terbesar mahasiswa sulit untuk mengelola waktu dengan baik. Sehingga kewajibannya sebagai mahasiswa menjadi terbengkalai. Untuk mengatasi masalah tersebut, muḥāsabah dapat dijadikan sebagai upaya dalam mengurangi risiko dari penggunaan internet yang berlebihan, dan juga sebagai metode untuk meningkatkan kualitas diri pada mahasiswa penerima PBSB UIN Bandung angkatan 2017. Tujuan dilakukannya penelitan ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai tingkat adiksi internet pada mahasiswa penerima PBSB UIN Bandung angkatan 2017, untuk menjelaskan gambaran pelaksanaan muḥāsabah yang dilakukan, serta untuk menjelaskan bagaimana pengaruh yang diberikan muḥāsabah terhadap perilaku adiksi internet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif yang menggunakan kuesioner sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Kemudian, data tersebut diolah menggunakan SPSS 26.0. Sebelum penelitian berlangsung, peneliti melakukan studi eksplorasi terlebih dahulu dengan metode wawancara sebagai referensi awal. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima PBSB UIN Bandung angkatan 2017 yang berjumlah 25 orang. Konsep muḥāsabah yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari salah satu tokoh sufi, yakni ՙAbdallāh Hariṡ bin Asād al-Muḥāsibī. Adapun teori adiksi internet yang digunakan menggunakan teori dari Kimberly Young, ia juga mengembangkan instumen penelitian atau kuesioner yang sudah tervalidasi, yaitu Young Internet Addiction Test. Berdasarkan data yang telah diolah, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa secara keseluruhan, tingkat adiksi internet pada mahasiswa penerima PBSB UIN Bandung angkatan 2017 tergolong sedang dengan prosentase 56%, dan gambaran pelaksanaan muḥāsabah tergolong baik, dengan prosentasi tertinggi yaitu 68%. Sedangkan dari hasil analisis regresi linear sederhana didapatkan perolehan data dengan nilai signifikansi 0,147 yang artinya tidak ada pengaruh muḥāsabah terhadap perilaku adiksi internet secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adiksi Internet; Mahasiswa; Muḥāsabah; PBSB; Tasawuf dan Psikoterapi
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Islam > Islam and Technology
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Eva Agustina Jayati
Date Deposited: 25 Jun 2021 04:00
Last Modified: 25 Jun 2021 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40166

Actions (login required)

View Item View Item