Pemahaman santri pada materi kitab Ta’limul Muta’allim hubungannya dengan sikap mereka : Penelitian pada santri kelas VIII MTs Al-Muhajirin Purwakarta

Islamiyati, Dini (2021) Pemahaman santri pada materi kitab Ta’limul Muta’allim hubungannya dengan sikap mereka : Penelitian pada santri kelas VIII MTs Al-Muhajirin Purwakarta. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap santri dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran materi kitab Ta’limul Mutta’allim agar para santri memahami bagaimana bersikap sopan santun. Selain itu, Kitab Ta’limul Muta’allim mengajarkan proses atau cara menuntut ilmu kepada pencari ilmu. Namun pada kenyataannya masih banyak santri yang bersikap tidak selayaknya mereka lakukan kepada guru, orangtua dan teman sebayanya. Seharusnya apabila mereka sudah paham dengan materi Kitab Ta’limul Muta’allim maka akan bersikap sopan santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim di kelas VIII MTs Al-Muhajirin Purwakarta 2) Realitas sikap mereka di kelas VIII MTs Al-Muhajirin Purwakarta 3) Hubungan pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim dengan sikap mereka di kelas VIII MTs Al-muhajirin Purwakarta. Penelitian ini diasumsikan bahwa pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim memiliki keterkaitan dengan sikap mereka. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim akan semakin tinggi sikap mereka dalam kehidupan sehari-harinya. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan jenis data korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sampel peneliti di kelas VIII MTs Al-Muhajirin Purwakarta sebanyak 42 siswa. Analisis data menggunakan metode statistika, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Realitas pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim berkategori baik sekali, skor 82,3 yang berada pada interval 80-100, 2) Realitas sikap santri berkategori tinggi, skor 4,15 yang berada pada interval 3,50-4,50, dan 3) Hubungan pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim dengan sikap mereka adalah a) koefisien korelasinya sebesar 0,71 termasuk kategori kuat. Dengan demikian, terdapat hubungan antara pemhaman santi pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim dengan sikap mereka b) Hipotesisnya diterima, karena thitung 6,41 lebih besar dari ttabel dengan 2,021 dan c) Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 30%. Hal ini menunjukkan bahwa 30% sikap santri dipengaruhi oleh pemahaman santri pada materi Kitab Ta’limul Muta’allim. Sehingga masih terdapat 70% lagi faktor lain yang mempengaruhi sikap mereka siswa kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Purwakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Kitab Ta’limul Muta’allim; Sikap; Santri
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dini islamiyati
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:30
Last Modified: 23 Jun 2021 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40122

Actions (login required)

View Item View Item