Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Cashback dalam bentuk koin shopee di Marketplace Shopee

Nabila, Reni Putri (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Cashback dalam bentuk koin shopee di Marketplace Shopee. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini teknologi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya dengan adanya transaksi yang dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung antara penjual dan pembeli yang disebut dengan transaksi online. Shopee merupakan salah satu transaksi online atau yang disebut dengan marketplace yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini karena sering memberikan promosi berupa gratis ongkir dan cashback yang dinilai sangat menguntungkan konsumen. Namun, mengenai pemakaian cashback koin Shopee ini masih belum jelas dalam hal ketentuan besaran pemakaiannya yang menyebabkan konsumen merasa dirugikan dan kecewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi pemakaian cashback dalam bentuk Koin Shopee pada marketplace Shopee di kalangan masyarakat, 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap cashback dalam bentuk koin Shopee pada marketplace Shopee. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analisis. Selain itu jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara kepada empat orang mahasiswa pengguna Shopee khususnya Cashback koin Shopee. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini merupakan data penunjang yaitu buku-buku, Jurnal online, peraturan yang berkaitan dengan penelitian dan data-data lainnya yang berkaitan dengan cashback. Penelitian ini terjadi karena banyaknya keluhan mengenai pemakaian koin Shopee yang awalnya diharapkan dapat dipakai semua ternyata tidak bisa, tidak dicantumkannya berapa besaran koin Shopee yang dapat dipakai membuat para konsumen Shopee merasa kecewa dan rugi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Implementasi pemakaian cashback dalam bentuk koin shopee masih banyak yang belum mengerti karena tidak membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh pihak Shopee, 2) Cashback yang dibahas dalam penelitian ini termasuk kedalam akad ju’alah, kemudian pemakaian koin Shopee yang menimbulkan ketidakjelasan termasuk kedalam gharar al-yasir. Walaupun hal tersebut tidak membatalkan akad lebih baik hal tersebut di hindari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Shopee; Cashback; Marketplace
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Islam > Islam and Economics
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Reni Putri Nabila
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:41
Last Modified: 22 Jun 2021 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40099

Actions (login required)

View Item View Item