Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19 hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI SMK Wiraswasta Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi

Firdaus, Nurul (2021) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19 hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI SMK Wiraswasta Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa khususnya Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada saat mengikuti pembelajaran dalam jaringan. Pembelajaran dalam jaringan dikembangkan untuk menunjang pembelajaran tatap muka, terutama pada masa pandemi covid-19 saat ini. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang bersikap acuh tak acuh ketika pembelajaran dalam jaringan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19 di kelas XI SMK Wiraswasta Cimahi (2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI SMK Wiraswasta Cimahi dan (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI SMK Wiraswasta Cimahi. Penelitian ini diasumsikan bahwa motivasi belajar memiliki keterkaitan dengan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan maka akan semakin baik pula motivasi belajar ketika mengikuti pembelajaran dalam jaringan. Begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas XI SMK Wiraswasta Cimahi sebanyak 35 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19 berkategori positif, berada pada interval 3,40 – 4,19 (2) Realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori baik, berada pada interval 3,40 – 4,19 dan (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah (a) koefisien korelasinya sebesar 0,58 termasuk kategori cukup atau sedang. (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung 4,09 lebih besar dari ttabel dengan (1,69) dan (c) Kadar hubungan variabel X dengan variabel Y yaitu sebesar 34%. Dengan demikian, terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Siswa; Pembelajaran Dalam jaringan; Motivasi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Firdaus
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:02
Last Modified: 29 Jun 2021 10:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40097

Actions (login required)

View Item View Item