Hubungan antara kegiatan bermain Make Match terhadap kemampuan berhitung anak usia dini : Penelitian di Kelompok B2 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Komariah, Ai Siti (2021) Hubungan antara kegiatan bermain Make Match terhadap kemampuan berhitung anak usia dini : Penelitian di Kelompok B2 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pada hasil studi pendahuluan di Kelompok B2 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, peneliti memandang adanya kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain make a match dengan rendahnya kemampuan berhitung anak usia dini. Hal ini terlihat pada saat kegiatan bermain make a match anak sudah mampu mengenal konsep yang berada pada kartu make a match. Namun berbeda dengan kemampuan berhitung terdapat sebagian anak masih mengalami kesulitan dalam menghitung bilangan, memahami konsep-konsep pada bilangan, serta mengenal bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) realitas kegiatan bermain make a match; (2) realitas kemampuan berhitung anak usia dini; (3) hubungan antara kegiatan bermain make a match dengan kemampuan berhitung anak usia dini di Kelompok B2 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kemampuan berhitung dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kegitatan bermain make a match. Dengan kegiatan bermain make a match yang menggunakan kartu untuk memudahkan anak dalam proses berhitung karena terdapat konsep mengenai berhitung bagi anak. Berdasarkan asumsi teori, dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi kegiatan bermain make a match semakin tinggi pula kemampuan berhitung anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitafif korelasional. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelompok B2 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung yang berjumlah 16 anak. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis pada kegiatan bermain make a match diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,95. Nilai tersebut berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan berhitung anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,6. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Hubungan antara kegiatan bermain make a match dengan kemampuan berhitung anak usia dini diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,937. Nilai koefisien korelasi ini termasuk pada kategori sangat kuat karena berada pada interval 0,800-1,000. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 10,04 > harga ttabel = 2,14. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, kegiatan bermain make a match memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berhitung anak usia dini di Kelompok B2 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sementara untuk kontribusi atau pengaruh pada kegiatan bermain make a match terhadap kemampuan berhitung anak usia dini sebesar 87,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 12,2% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; anak usia dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ai Siti Komariah
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:02
Last Modified: 07 Jul 2021 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40089

Actions (login required)

View Item View Item