Penerapan model inkuiri sosial untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Munawaroh Tasikmalaya

Nurmaulida, Wida (2021) Penerapan model inkuiri sosial untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Munawaroh Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas IV MI Al-Munawaroh Kabupaten Tasikmalaya, yakni rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa sebelum diterapkannya model inkuri sosial, pemahaman siswa pada proses menggunakan model inkuri sosial, dan peningkatan pemahaman belajar siswa setelah menggunakan model inkuri sosial. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model inkuri sosial dapat meningkatkan pemahaman siswa, dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya menggunakan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan model inkuiri sosial sehingga penelitian mengajukan hipotesis tindakan bahwa pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Sosial diduga dapat meningkatkan Pemahaman Siswa. Metode yang digunakan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan II siklus dan terdiri dari empat tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengataman dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh simpulan bahwa 1) kemampuan siswa sebelum menggunakan model inkuiri sosial termasuk kedalam kategori kurang dengan rata-rata 54 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 33% 2) keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 51% dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai sebesar 72% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas keterlaksanaan siswa pada siklus I memperoleh nilai 44% dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori baik. 3) kemampuan pemahaman setelah menggunakan model inkuiri sosial. Pada siklus I dan II mendapatkan nilai rata-rata 60 dan 72 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I dan II yaitu 48% dan 81%. Dengan demikian penelitian PTK ini telah selesai dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; tematik; siswa MI
Subjects: Deductions
Education
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wida Nurmaulida
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:16
Last Modified: 22 Jun 2021 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40077

Actions (login required)

View Item View Item