Penerapan model pembelajaran Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa dalam pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas secara daring di kelas IV A MI Al-Ishlah Kabupaten

Meida, Dena (2020) Penerapan model pembelajaran Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa dalam pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas secara daring di kelas IV A MI Al-Ishlah Kabupaten. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan daya ingat di MI Al-Ishlah dalam pembelajaran tematik, ditandai dengan masih banyaknya siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimun. Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) menjadikan siswa belajar secara pasif, siswa diam ketika ditanya oleh guru dan suasana kelas yang kurang menyenangkan, karena pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah. Metode pembelajarannya pun masih konvensional antara lain metode ceramah, resitasi dan tanya jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui kemampuan daya ingat siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning. 2)Mengetahui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning. 3) Mengetahui peningkatan kemampuan daya ingat siswa setelah menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A MI Al-Ishlah yang terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan datanya berupa tes, angket, wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Hasil daya ingat siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning masih kurang dengan rata-rata nilai 42 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 0%. 2) penerapan model pembelajaran Brain Based Learning berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus I tindakan I keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 85% meningkat, siklus I tindakan II dengan persentase 90%. Sedangkan siklus II tindakan I persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 95% meningkat pada siklus II tindakan II mencapai persentase 97%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I tindakan I memperoleh persentase 76% dan pada siklus I tindakan II memperoleh 87%. Sedangkan pada siklus II tindakan I memperoleh persentase 88% dan pada siklus II tindakan II mencapai persentase 97%. 3) Hasil peningkatan daya ingat siswa setelah menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning mengalami peningkatan. Learning siklus I (69%) dan siklus II (88%), menyimpan siklus I (38%) siklus II (94%), menimbulkan kembali (Recalling) siklus I (72%) siklus II peningkatan (88%). Presentase ketuntasan daya ingat keseluruhan siklus I (60%) dan siklus II (90%) Dengan demikian penelitian Tindakan Kelas ini telah selesai dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan yakni dapat meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran tematik dikelas IV A MI Al-Ishlah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model; Pembelajaran; Brain Based Learning;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dena Meida
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:39
Last Modified: 21 Jun 2021 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40061

Actions (login required)

View Item View Item