Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap praktik pembulatan timbangan pada jasa pengiriman barang PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cibiru

Batubara, Ade Aprina (2020) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap praktik pembulatan timbangan pada jasa pengiriman barang PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Takaran dan timbangan adalah proses mengukur untuk mengetahui kadar, berat dan harga suatu barang tertentu. Menakar dan menimbang biasanya dilakukam dalam jual beli. Menakar dan menimbang juga dilakukan oleh PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir yang bergerak dalam jual-beli jasa pengiriman dalam menentukan berat barang umtuk penentuan harga. Takaran dan timbangan harus dilakukan secara adil sehingga tidak ada pihak yang terdzalimi dalam melakukan transaksi. Permasalahannya dalam penelitian ini adalah adanya praktik pembulatan timbangan yang dilakukan oleh PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir guna dalam menentukan harga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pembulatan timbangan yang dilakukan oleh PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pembulatan timbangan yang dilakukan PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir.Penelitian ini berasal dari pemikiran yang bersumber dari surah Hud ayat 85 mengisahkan Nabi Syu’aib mengajarkan kaumnya dalam melakukan jual-beli ِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِِMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yang diambil melalui wawancara dengan karyawan dan data sekunder diambil dari kepustakaan seperti buku, artikel, kitab-kitab fikih dan yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan ekspedisi yang memberikan banyak kemudahan dalam jasa pengiriman barang. Dalam Hukum Ekonomi Syariah, transaksi ini disebut dengan jual-beli jasa atau Ijarah. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir menggunakan timbangan per-Kg yang ditujukan untuk mempermudah dalam penentuan harga. Sistem pembulatan yang digunakan yaitu sistem pembulatan progresif dan pembulatan volumetrik.Sistem ini ditentukan sesuai dengan jenis barang yang akan dikirim oeh konsumen dan tentunya akan mempengaruhi kepada harga yang akan di bayarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Takaran; Timbangan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ade Aprina Batubara
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:26
Last Modified: 21 Jun 2021 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40057

Actions (login required)

View Item View Item