Sikap tawakkal untuk mengatasi kecemasan dalam menghadapi pandemi wabah covid-19 : Studi kasus terhadap kepala keluarga Desa Pauah, Kec. Canduang Kab. Agam

Aisyah, Siti (2020) Sikap tawakkal untuk mengatasi kecemasan dalam menghadapi pandemi wabah covid-19 : Studi kasus terhadap kepala keluarga Desa Pauah, Kec. Canduang Kab. Agam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan sikap tawakal untuk mengatasi kecemasan yang dialami kepala keluarga di Desa Pauah, Kec. Canduang, Kab. Agam semenjak munculnya Virus Corona. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menyebarnya sebuah virus yang sangat berbahaya yang dinamai dengan Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus (SARS-CoV-2) atau dikenal dengan Virus Corona. Terhitung semenjak akhir bulan Desember hingga bulan Juli, kurva kasus korban yang terinfeksi virus ini terus meningkat karena belum ditemukan vaksin untuk anti Corona. Dengan adanya wabah ini, memberikan dampak negatif yang sangat besar terhadap roda perputaran kehidupan manusia. Ekonomi lumpuh, sekolah terhenti, finansial anjlok, dan kesejahteraan menurun. Dampak yang paling nyata terlihat adalah dari segi ekonomi, karena semua profesi yang berhubungan dengan aktivitas yang dilakukan diluar rumah dan interaksi sosial terpaksa diberhentikan sementara oleh pemerintah untuk meredam penyebaran virus. Oleh karena itu, saat ini banyak kepala keluarga yang mengalami kecemasan karena tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga seperti sedia kala. Oleh karena itu, disinilah peran Tasawuf sangat dibutuhkan yakni menerapkan nilai-nilai tawakal untuk meredam kecemasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gejala kecemasan seperti apa yang dirasakan oleh kepala keluarga yang ada di Desa Pauah, Jorong Batu Balantai, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, kemudian pandangan mereka terhadap konsep tawakal serta bagaimana sikap tawakal ini mampu mengatasi kecemasan tersebut dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19 ini dengan mengimplementasikan nilai-nilai sufistik tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yakni dengan mendeskripsikan hasil penelitian menggunakan kata-kata dan gambar yang telah diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Disini, peneliti menggunakan empat kepala keluarga sebagai informan sumber primer penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa keempat informan mengalami kecemasan dengan rincian tiga informan dengan tingkat kecemasan sedang dan satu informan dengan tingkat ringan. Hal ini terlihat dari gejala yang teridentifikasi yang dilihat dari 3 aspek, yaitu aspek fisikal, psikis, dan behavioral. Dengan menerapkan sikap tawakal, terbukti para informan ini mampu meraih ketenangan secara jiwa, raga, dan spiritual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; kecemasan; sikap tawakal
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Islam > Sufi Orders
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Aisya
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:50
Last Modified: 22 Jun 2021 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40052

Actions (login required)

View Item View Item