Kajian tematik tentang neraka dan penghuninya dalam tafsir Al-Kasysyaf

Ghifari, Rizky Ihza (2021) Kajian tematik tentang neraka dan penghuninya dalam tafsir Al-Kasysyaf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Neraka di dalam Al-Qur’an digambarkan sangat mengerikan dan menakutkan. Dengan banyaknya penjelasan pada ayat Al-Qur’an yang menggambarkan keadaan neraka. Hakikat neraka pada dasarnya masih memiliki beberapa interpretasi. Oleh karena itu penulis akan mengulas tuntas tentang ayat-ayat neraka, yaitu tela’ah terhadap ayat neraka menurut Al-Zamakhsyari dalam kitab tafsir Al-Kasysyaf. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui interpretasi Al-Zamakhsyari terhadap eksistensi neraka dan kondisi para penghuni neraka. Al-Zamakhsyari dikenal sebagai salah satu mufassir dari golongan Mu’tazilah. Sehingga nantinya akan mempengaruhi penafsiran Al-Zamakhsyari terhadap eksistensi neraka dan penghuninya. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang akan dilakukan adalah berdasarkan library research atau penelitian kepustakaan. Peneliti akan mengumpulkan data-data berupa ayat-ayat Al-Qur’an, buku, jurnal, kitab tafsir, dan lainnya yang berkaitan dengan pernasalahan yang akan dibahas. Tentunya tidak melupakan pada rujukan yang utama yaitu Kitab tafsir Al-Kasysyaf karya Al-Zamakhsyari. Adapun metode analisis data peneliti menggunakan deskriptif analitis. Dengan cara melakukan analisa dari data-data yang sudah dikumpulkan agar menghasilkan kesimpulan. Hasil dari penilitian ini, al-Zamakhsyari mengatakan, neraka adalah tempat penyiksaan bagi orang yang berdosa yang mana di dalamnya orang tersebut akan kekal selamanya di dalam neraka. Dalam Al-Qur’an disebutkan beberapa jenis neraka dan juga beberapa penghuninya, di antaranya: (1) Neraka Saqar diperuntukkan kepada orang yang lalai terhadap sholatnya, senantiasa melakukan ghibah, tidak pernah memberi makan kepada orang miskin, dan tidak percaya kepada hari kiamat. (2) Neraka Ha<wiyah diperuntukkan kepada orang yang timbangan kebaikannya lebih ringan dari pada timbangan keburukannya. (3) Neraka Huthomah diperuntukkan kepada orang yang mengumpat, lebih mencintai hal duniawi, dan juga senantiasa mencela. (4) Neraka Jah}im diperuntukkan kepada orang yang sesat dan para penyembah berhala. (5) Neraka Sa’ir diperuntukkan kepada orang yang seringkali merampas hak dan aniaya kepada anak yatim. (6) Neraka Jahannam diperuntukkan kepada orang-orang kafir dan para pelaku dosa besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mu'tazilah; Al-Kasysyaf; Zamakhsyari; Tematik; Tafsir; Neraka
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rizky Ihza Ghifari
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:07
Last Modified: 21 Jun 2021 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40045

Actions (login required)

View Item View Item