Efektivitas pembelajaran Tematik pada peserta didik kelas II di MI LIO Kabupaten Garut : Penelitian deskriptif kualitatif kelas II MI LIO Kabupaten Garut

Mutmainah, Nazmiah (2020) Efektivitas pembelajaran Tematik pada peserta didik kelas II di MI LIO Kabupaten Garut : Penelitian deskriptif kualitatif kelas II MI LIO Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Efektivitas pembelajaran tematik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan juga efektivitas nya dalam menerapkan pembelajaran tematik. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target kuantitas maupun kualitas yang telah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik. Dengan demikian skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran tematik pada peserta didik kelas II di MI LIO Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang; 1) perencanaan pembelajaran tematik pada peserta didik kelas II di MI LIO Kabupaten Garut; 2) ) pelaksanaan pembelajaran tematik pada peserta didik kelas II di MI LIO Kabupaten Garut; 3) efektivitas pembelajaran tematik pada peserta didik kelas II di MI LIO Kabupaten Garut. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas II MI LIO Kabupaten Garut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan pedoman wawancara. Adapun yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II untuk mengisi lembar angket dan guru wali kelas II MI LIO Kabupaten Garut sebagai narasumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan guru sudah cukup baik dan telah memenuhi semua unsur yang dibutuhkan dalam perencanaan pembelajaran seperti membuat pemetaan kompetensi, jaringan tema, silabus, dan juga RPP. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik juga telah berlangsung dengan baik dan memenuhi tahap-tahap pembelajaran yang benar, guru juga menerapkan konsep learning by doing dan juga learning by playing. Pembelajaran tematik di kelas II MI LIO Kabupaten Garut telah efektif dan mencapai tujuan pembelajaran secara umum, dilihat dari hasil perhitungan angket sudah memuaskan nilai rata-rata jawaban dari siswa yaitu 82,24% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pembelajaran Tematik; Interaktif;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nazmiah Mutmainah
Date Deposited: 17 Jun 2021 05:51
Last Modified: 17 Jun 2021 05:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item View Item