Hubungan supervisi akademik kepala madrasah dengan peningkatan mutu pembelajaran : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Jamiatul Huda Kabupaten Bekasi

Robiah, Siti (2021) Hubungan supervisi akademik kepala madrasah dengan peningkatan mutu pembelajaran : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Jamiatul Huda Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Hakikat pendidikan adalah proses pembelajaran. Tidak ada kualitas pendidikan tanpa adanya kualitas pembelajaran. Perubahan sistem pada pengelolaan baik dari segi pendidik dan tenaga kependidikan, harus terdapat supervise yang jelas. Oleh karena, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di madrasah, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional, mengembangkan berbagai program yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama melalui kegiatan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala madrasah dengan peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Jamiatul Huda kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan meningkatkan mutu pembelajaran. Dalam hal ini proses pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam menentukan kualitas pendidikan. selain guru dan peserta didik yang berada dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kegiatan kepala madrasah dalam mengawasi, membimbing, membina para guru dalam proses pembelajaran menggunakan supervisi akademik. Untuk itu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan supervisi akademik kepala madrasah dengan peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Jamiatul Huda kabupaten Bekasi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuanitatif, berjenis korelasional dan menggunakan metode regresi linier sederhana. Populasinya adalah seluruh dewan guru di Madrasah Tsanawiyah Jamiatul Huda Kabupaten Bekasi dan sebanyak 28 orang. Data penelitian menggunakan Program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan dikatakan bahwa (1) kecenderungan supervisi akademik kepala madrasah dalam kategori cukup sebanyak 15 (53,57%). (2) kecenderungan variabel peningkatan mutu pembelajaran pada kategori cukup sebanyak 11 (39,28%). (3) supervisi akademik kepala madrasah (X) dengan peningkatan mutu pembelajaran (Y) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan yang ditunjukkan nilai Fhitung sebesar 34,715 dengan nilai sig. 0,000 dan dari koefisien determinasi r2 menyatakan bahwa sebesar 0,572. Atau 57,2%. Koefisien determinasi menyatakan bahwa sebesar 57,2% peningkatan mutu pembelajaran (Y) dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala madrasah (X) hal ini dengan garis regresi Y=6,810+0,667.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik; mutu pembelajaran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Robiah
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:16
Last Modified: 03 Sep 2021 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39920

Actions (login required)

View Item View Item