Tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Mastery Learning pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Bandung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung

Rakasiwi, Ardi (2021) Tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Mastery Learning pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Bandung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena ingin mengukur seberapa besarkah pengaruh penerapan model pembelajaran mastery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 16 Bandung. Hal ini dilakukan karena pada realitanya masih terdapat peserta didik yang kurang dalam hal motivasi dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk men deskripsikan: 1) Langkah-langkah penerapan model pembelajaran mastery learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 16 Bandung, 2) pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar dan 4) pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap terhadap motivasi dan hasil belajar pada peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII sekolah tersebut. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan sangat berkaitan dengan motivasi dan hasil belajar peserta didik sehingga timbul dugaan sementara bahwa model pembelajaran mastery learning berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 16 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes tulis, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif parsial dan analisis korelasi dengan menggunakan aplikasi statistika yakni SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah: 1) Langkah-langkah model pembelajaran mastery learning yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi, menyajikan materi, dan melakukan evaluasi, pengayaan dan remedial; 2) Model pembelajaran mastery learning mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi belajar (sig.= 0,000 < 0,05 dan KK= 0,996); 3) Model pembelajaran mastery learning mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap hasil belajar (sig.= 0,000 < 0,05 dan KK= 0,991); 4) Model pembelajaran mastery learning mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi dan hasil belajar (sig.= 0,000 < 0,05 dan KK= 0,975) dengan demikian hipotesis diterima, KD= 95%, 5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor fisiologis, psikologis dan lingkungan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, direkomendasikan kepada pihak sekolah untuk mengikuti langkah-langkah model pembelajaran mastery learning dengan sebaik-baiknya seperti yang dijabarkan mengingat pengaruhnya yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; mastery learning; hasil belajar, motivasi belajar, peserta didik, pendidikan, Pendidikan Agama Islam, PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardi Rakasiwi
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:55
Last Modified: 21 Jan 2022 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39876

Actions (login required)

View Item View Item