Evaluasi pungutan pajak kendaraan bermotor melalui sistem online di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPPD) Wilayah Kota Bandung I Pajajaran Bapenda Jawa Barat

Gumilar, Cahya (2021) Evaluasi pungutan pajak kendaraan bermotor melalui sistem online di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPPD) Wilayah Kota Bandung I Pajajaran Bapenda Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Pajak Kenadaraan Bermotor PKB) adalah Pajak yang dikenakan terhadap kepemilikan dan/atau penguasaan terhadap kendaraan bermotor dengan subjek dan juga objek pajaknya adalah orang pribadi dan/atau badan. Dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju, serta mendukung gerakan non tunai yang telah dicanangkan pemerintah pusat, maka Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) mengeluarkan inovasi dalam pungutan pajak kendaraan yaitu berupa pungutan pajak kendaraan yang dapat dilakukan secara online bernama E-Samsat supaya lebih memaksimalkan pelayanan dalam pemungutan pajak yang ada dan telah dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi apa saja evaluasi pungutan pajak kendaraan bermotor melalui sistem online di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Bandung I Pajajaran. Peneliti menggunakan teori evaluasi kebijakan dari William n Dunn dengan lima kriteria yaitu, efektivitas, kecukupan, pemerataan, responsivitas, ketepatan. Pada penelitian ini digunakan metode pelenelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk eksplorasi secara mendalam terhadap program yang dilaksanakan. Teknik pemgumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data collection, data reduction, data display, Conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini, maka disimpulkan bahwa, pungutan pajak kendaraan bermotor melalui sistem online telah dilakukan dengan baik namun belum optimal karena masih terdapat beberapa hambatan dan kendala. Pungutan pajak kendaraan bermotor secara online di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Bandung I Pajajaran, sosialisasi yang masih dirasakan kurang sehingga masih banyak masyarakat yang melakukan pembayaran secara langsung serta masih harusnya wajib pajak kendaraan bermotor untuk mendatangi tempat pelayanan guna menukarkan bukti pembayaran dengan Surat Keterangan Ketetapan Pajak dalam tempo 30 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi;Pungutan Pajak;Pajak Kendaraan Bermotor;Sistem Online;
Subjects: Administration of The Physical Plant
Public Finance
Public Finance > Taxes and Taxation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Cahya Gumilar
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:45
Last Modified: 11 Jun 2021 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39862

Actions (login required)

View Item View Item