Pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif dalam membentuk karakter Islami peserta didik: Penelitian di SMPN 3 Talaga Majalengka

Mulyana, Asep (2021) Pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif dalam membentuk karakter Islami peserta didik: Penelitian di SMPN 3 Talaga Majalengka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

SMPN 3 Talaga merupakan sekolah menengah pertama yang mengedepankan pembentukan karekter Islami pada setiap peserta didik, banyak upaya yang dilakukan untuk membina karakter Islami peserta didik bahkan setiap peserta didik diwajibkan untuk membiasakan 5 karakter siswa. Namun, pada realitasnya belum bisa menghantarkan pada tujuannaya hal ini terlihat masih didapati beberapa peserta didik yang memiliki karakter kurang baik seperti tidak sopan pada guru, kurang disiplin, melanggar peraturan sekolah, berpenampilan tidak sopan seperti baju dikeluarkan dan berambut panjang. Melalui pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif yang dilaksanakan di SMPN 3 Talaga proses penanaman nilai-nilai akhlak akan lebih efektif dan mudah melalui penghayatan, pemahaman dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis: Tujuan, program, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta implikasi pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif dalam membentuk karakter Islami peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penggunaan pendekatan dan metode tersebut dipandang relevan dalam mengupas penelitian ini. Adapun teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, angket terbuka study kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tujuan pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif di SMPN 3 Talaga adalah meningkatkan peserta didik yang berkualitas dan berkarakter Islami. 2) Program pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif yaitu menciptakan peserta didik yang jujur, disiplin, sopan santun, rapih bersih dan mandiri. 3) Implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif dilaksanakan melalui tahapan: apersepsi, eksplorasi, penemuan konsep, refleksi dan aplikasi konsep. 4) Evaluasi pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif dilakukan melalui pertanyaan yang mengarah pada pengamalan karakter, pengamatan dan jurnal pribadi. 5) Faktor pendukung pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif yaitu adanya profesionalisme guru, antusias dan rasa ingin tahu peserta didik, lingkungan belajar yang kondusif, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya, persiapan dan wawasan guru, minat rendah sebagian peserta didik, keterbatasan waktu, dan keterbatasan sarana prasarana. 6) Pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif berimplikasi pada karakter peserta didik yaitu peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, sopan dan santun, disiplin dan bertanggung jawab, rapih dan bersih. Dengan demikian, pembelajaran PAI dengan pendekatan integratif dapat membentuk karakter Islami peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Pendekatan Integratif; Karakter Islami; Peserta didik;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Mulyana
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:02
Last Modified: 11 Jun 2021 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39854

Actions (login required)

View Item View Item