Living teologi tradisi tolak bala Bepapas pada masyarakat Desa Parit Setia Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas Kalimantan Barat

Madriani, Revi (2021) Living teologi tradisi tolak bala Bepapas pada masyarakat Desa Parit Setia Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Usuluddin, 1 (3). ISSN 2774-8340 (Submitted)

[img]
Preview
Text
Revi Madriani 1171010060 Aqidah Filsafat Islam.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpiu/articl...

Abstract

Penelitian ini mengkaji Islam yang hidup di masyarakat Parit Setia. Pada masyarakat Parit Setia terdapat tradisi tolak bala Bepapas. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang dijadikan pokok pembahasan: 1) Pengertian tradisi tolak bala Bepapas; 2) Pemahaman teologi masyarakat terhadap tradisi tolak bala Bepapas; dan 3) Nilai-nilai Islam yang terdapat dalam tradisi tolak bala Bepapas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan fenomenologi, metode kualitatif, dan living teologi sebagai pisau analisis. Temuan dalam riset ini menunjukan bahwa: Pertama, secara historis tradisi tolak bala Bepapas ini merupakan tradisi yang dihasilakan dari percampuran budaya dan agama. Tradisi dilakukan sebagai upaya untuk menghindari segala bentuk marabahaya, yang disimbolkan melalui dedaunan dan dipimpin oleh tokoh Adat (pak Labbai). Kedua, tradisi ini telah mengakar lama sehingga dianggap sakral. Meskipun terdapat perbedaan pendapat dalam menyikapinya, tetapi tradisi ini tetap eksis hingga saat ini sebagai identitas budaya masyarakat. Ketiga, penentuan nilai-nilai Islam yang terdapat dalam tradisi ini didasarkan pada prinsip-prinsip tauhid, yang secara subtansi memiliki nilai-nilai untuk berelasi dengan alam, menjaga tali silaturahmi, memohon keselamatan dan sebagai bentuk rasa syukur pada Allah Swt. Mencermati keseluruhan penemuan di lapangan maka tidak berlebihan jika penulis simpulkan bahwa tradisi ini merupakan Islam yang hidup (living teologi Islam) pada masyarakat Parit Setia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Desa Parit Setia; Teologi Islam; Tradisi Tolak Bala Bepapas.
Subjects: Islam > Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Revi Madriani
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:59
Last Modified: 06 Sep 2021 23:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39849

Actions (login required)

View Item View Item