Strategi radio MQ FM Bandung dalam persaingan industri penyiaran : Study ekologi media penyiaran Dimmick dan Rohtenbuhler

Sholihah, Dian Maryam (2020) Strategi radio MQ FM Bandung dalam persaingan industri penyiaran : Study ekologi media penyiaran Dimmick dan Rohtenbuhler. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Radio MQ FM Bandung merupakan salah satu radio swasta lokal di Bandung dengan mengusung tagline “Inspirasi Keluarga Indonesia” yang menghadirkan program – program berlandaskan nilai – nilai Islam. Radio MQ FM Bandung merupakan satu-satunya radio dakwah di Bandung dan memiliki izin siar serta menjadi radio dakwah yang komersil, disaat banyaknya radio dakwah yang belum memiliki izin siar dan masih berbentuk radio komunitas. Seiring berkembangannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, lahirlah new media atau media baru di era digital saat ini yang membuat persaingan industri penyiaran radio semakin besar. kompetitor bukan hanya dari kalangan sesama radio saja, melainkan melibatkan banyak media seperti platform digital, media sosial, dan youtube, sehingga radio MQ FM Bandung harus melakukan strategi inovatif guna mempertahankan eksistensinya sebagai media dakwah komersil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berlandaskan pada Teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhller yang mengungkapkan bahwa keberlangsungan hidup sebuah media tergantung pada tiga sumber penunjang hidup, yaitu types of content (jenis isi media), types of audiens (jenis khalayak sasaran), dan types of capital (modal). Penelitian ini juga merujuk pada Teori Media oleh Marshall Mc Luhan sebagai Grand Theory (teori umum) yang menyatakan bahwa “Medium Is The Message” (media adalah pesan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap dua narasumber kunci yaitu program director dan marketing manager. Pengumpulan data juga dilakukan dengan dokumentasi referensi atau studi pustaka yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya menjadi radio dakwah komersil ditengah persaingan industri penyiaran, radio MQ FM Bandung melakukan sebuah inovasi dengan tiga langkah strategi. Pertama, inovasi program yang disesuaikan dengan tagline, visi, dan misi, yang terdiri dari perencanaan program, produksi program, ekseskusi program, serta pengawasan dan evaluasi program. Kedua inovasi strategi menyasar audiens dengan cara melakukan segmentasi berdasarkan demografi dan segmentasi psikologis. Ketiga inovasi kapital yaitu peningkatan modal dengan cara melakukan cross media untuk menyasar pasar lebih luas, pemasaran program, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Ekologi media; Radio MQ FM Bandung; Persaingan industri penyiaran;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dian Maryam Sholihah
Date Deposited: 09 Jun 2021 23:21
Last Modified: 09 Jun 2021 23:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39833

Actions (login required)

View Item View Item