Peranan objek wisata Situ Cisanti dalam pembangunan ekonomi masyarakat : Studi deksriptif di Kawasan Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Mubarok, Muhammad Husni (2020) Peranan objek wisata Situ Cisanti dalam pembangunan ekonomi masyarakat : Studi deksriptif di Kawasan Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara maritim yang mempunyai banyak pulau, kaya dengan potensi sumber daya alam yang melimpah dan potensinya cocok sebagai modal pembangunan ekonomi masyarakat salah satunya dibidang kepariwisataan.Pariwisata juga merupakan kegiatan yang strategis jika ditinjau dari segi pengembangan ekonomi dan sosial budaya karena kepariwisataan mendorong terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan kualitas masyarakat dan dapat menambah rasa cinta tanah air terhadap nilai-nilai budaya bangsa sekaligus sebagai instrumen untuk melestarikan lingkungan seperti Objek Wisata Situ Cisanti. Objek Wisata Situ Cisanti merupakan parawisata alam yang berlokasi di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Peneltian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui upaya yang dilakukan pemerintah desa Tarumajaya dalam mengelola Objek Wisata Situ Cisanti, mengetahui peranan program pengembangan ekowisata berbasis masyarakat dan mengetahui hasil yang diperoleh masyarakat desa Tarumajaya dari program tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Levinson yaitu merupakan suatu konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi dan Peranan dapat diartikan sebagai perlaku individu yang penting bagi struktur masyarakat. Program pengembangan ekowisata berbasis masyarakat ini sebagai konsep dan pelaku yang penting terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat desa Tarumajaya. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan menggunakan jeni data kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari dalam mengelola objek wisata Situ Cisanti yaitu dengan membuat program pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, program pengembangan ekowisata berbasis masyarakat belum berperan seacra optimal dan hasil yang diperoleh dari program tersebut belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh masyarakat desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan Programm Pengembangan Ekowisata; Situ Cisanti; Masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Econmics
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Husni Mubarok
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:14
Last Modified: 09 Jun 2021 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39811

Actions (login required)

View Item View Item