Pengaruh net revenu dan gross profit terhadap net income perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Adaro Energy Tbk. Periode 2009-2018

Umam, Fipiq Syafiqul (2021) Pengaruh net revenu dan gross profit terhadap net income perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Adaro Energy Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi saat ini meuntut para pelaku bisnis disuatu perusahaan +untuk selalu mempertahankan serta mengelola keuangan agar selalu stabil. Perusahaan dengan profit oriented dalam menjalankan usaha tentunya memiliki tujuan utama yaitu mencapai laba yang optimal. Net Income atau laba bersih adalah angka yang menunnjukan selisih antara seluruh pendapatan dari kegiatan operasi perusahaan maupun non operasi perusahaan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Net Income adalah Net Revenue dan Gross Profit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Revenue secara parsial terhadap Net Income pada PT. Adaro Energy Tbk.; untuk mengetahui pengaruh Gross Profit secara parsial terhadap Net Income pada PT. Adaro Energy Tbk; untuk mengetahui pengaruh Net Revenue dan Gross Profit secara simultan terhadap Net Income pada PT. Adaro Energy Tbk. periode 2009-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data dari laporan keuangan PT. Adaro Energy Tbk. periode 2009-2018. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Net Revenue berpengaruh tidak signifikan terhadap Net Income dengan hasil perhitungan uji t sebesar 1,563 < 2,306 dan tingkat korelasi sebesar 0,484, serta besarnya koefisien determinasi sebesar 23,4%. Sedangkan secara parsial Gross Profit berpengaruh signifikan terhadap Net Income dengan hasil perhitungan uji t sebesar 6,664 > 2,306 dan tingkat korelasi sebesar 0,921, serta besarnya koefisien determinasi sebesar 84,7%. Secara simultan Net Revenue dan Gross Profit berpengaruh signifikan terhadap Net Income dengan hasil perhitungan uji f sebesar 26,118 > 4,74 dan tingkat korelasi korelasi sebesar 0,939, serta besarnya koefisien determinasi sebesar 88,2% sementara sisanya sebesar 11,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Revenue; Gross Profit; Net Income;
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan
Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fipiq Syafiqul Umam
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:52
Last Modified: 08 Jun 2021 08:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39800

Actions (login required)

View Item View Item