Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa MI pada masa Pandemi Covid-19: Penelitian Mixed Method di MI Al Muslim Kadungora

Amal, Ikhlasul (2021) Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa MI pada masa Pandemi Covid-19: Penelitian Mixed Method di MI Al Muslim Kadungora. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Sejak merebaknya covid-19 di Indonesia berbagai sektor termasuk pendidikan harus merasakan dampaknya, dengan adanya dampak kepada pendidikan pastinya muncul permasalahan yaitu memberikan dampak kepada ketidakmerataan motivasi belajar siswa dari siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi hingga kepada yang rendah. Pada situasi seperti ini tentunya peran orang tua yang dapat menjadi solusi agar permasalahan yang sedang terjadi dapat diminimalisir. Maka peran orang tua pada masa pandemi ini sangatlah sentral dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk mengkaji penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa, peran orang tua pada masa pandemi covid-19 dan hambatan yang dialami oleh orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode mixed method (campuran) dengan strategi concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yaitu strategi yang menyatukan antara kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan dengan salah satu pendekatan yang diutamakan dan menjadi pendukung. Penelitian ini dilakukan di MI Al Muslim Kadungora dengan subjek penelitiannya adalah siswa dan orang tua siswa dalam hal ini orang tua dan siswa diberikan angket dan wawancara serta untuk siswa ditambah dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah yaitu mengenai motivasi belajar, peran orang tua dan hambatan orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar. (1) motivasi belajar siswa MI Al Muslim kadungora pada masa pandemi menunjukan bahwa motivasi belajar siswa dikatakan baik dengan keberagaman motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa dengan didominasi oleh motivasi belajar siswa yang sedang dengan 49% dengan masih ada beberapa kekurangan pada indikator kepercayaan diri siswa dan kemampuan siswa dalam aspek memecahkan masalah. (2) Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa memiliki peranan yang baik dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dapat dikatakan bahwa semakin tinggi peran orang tua siswa maka semakin tinggi juga motivasi belajar siswa. (3) hambatan yang dialami orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 ini adalah pertama, faktor intern dari kondisi siswa, kedua, kesibukan orang tua dalam bekerja, ketiga, lingkungan sekitar yang tidak mendukung tumbuhnya motivasi belajar siswa, keempat, kurangnya pemahaman orang tua terhadap pembelajaran yang sedang dipelajari oleh siswa dan kuota internet yang menjadikan tidak maksimalnya orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua; Motivasi Belajar; Pandemi Covid-19
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikhlasul Amal
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:03
Last Modified: 08 Jun 2021 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39796

Actions (login required)

View Item View Item