Profil kemampuan berpikir kritis pada materi Archaebacteria dan Eubacteria melalui pembelajaran daring : di kelas X SMA Negeri 1 Cimahi

Hermawan, Nurul Hudayanti (2021) Profil kemampuan berpikir kritis pada materi Archaebacteria dan Eubacteria melalui pembelajaran daring : di kelas X SMA Negeri 1 Cimahi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi yang semakin maju membawa perubahan terhadap dunia pendidikan yaitu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi secara daring . Berpikir kritis salah satu kemampuan yang harus dikembangkan di abad 21. Berpikir kritis bertujuan untuk membuat keputusan yang masuk akal, melalui proses ilmiah yang sistematis meliputi kegiatan menganalisis, mensintesis, mengenal permasalahan dan pemecahannya, menyimpulkan dan mengevaluasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis profil kemampuan berpikir kritis siswa secara daring pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data memberikan 20 soal essay, 15 butir angket, lembar wawancara untuk jumlah populasi sebanyak 120 siswa. Hasil analisis data menunjukkan setiap siswa dan kelas memiliki tingkatan kemampuan berpikir kritis yang berbeda-beda, untuk kelas yang memiliki nilai rata-rata paling tertinggi kelas X IPA 3 dengan nilai rata-rata sebesar 71,15. Profil kemampuan berpikir kritis tertinggi pada indikator memberikan penjelasan lebih lanjut dengan nilai presentase 82,50% termasuk kategori sangat tinggi. Indikator memberikan penjelasan sederhana memiliki nilai presentase sebesar 72,54% membangun keterampilan dasar nilai presentase 57,57%, menyimpulkan nilai presentase 60,28%, membuat strategi dan taktik yang nilai presentase 79,17%. Maka pembelajaran daring mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan tingkatan kemampuan yang berbeda-beda pada setiap siswa dan kelasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Archaebacteria; Eubacteria; kemampuan berpikir kritis; Pembelajaran daring
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Hudayanti
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:33
Last Modified: 07 Jun 2021 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39778

Actions (login required)

View Item View Item