Hubungan manajemen kelas dengan hasil belajar siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Baiturrahman Kabupaten Bandung

Akbar, Muhammad Ali (2021) Hubungan manajemen kelas dengan hasil belajar siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Baiturrahman Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen kelas yang baik mendukung terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas sehingga menghasilkan output yang baik sangat ketat antar lembaga satu dengan yang lainnya. Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan iklim belajar yang baik agar dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat. Berbagai strategi pembelajaran perlu diterapkan. Manajemen kelas dalam konteks tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dapat menciptakan iklim belajar tersebut. Masalah pada penilitian ini cukup penting, karena mengungkapkan permasalahan yang terjadi dalam proses manajemen kelas dan hasil belajar siswa yang merupakan inti dari sebuah sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa di SMP Terpadu Baiturrahman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengambilan sampel dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 60 siswa yang dijadikan sampel responden pada penelitian ini. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi, uji hipotesis, dan uji koefesien determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa sebesar 0,418, tingkat kekuatan hubungan ini masuk kedalam kategori 0,40-0,599 yaitu ada hubungan yang cukup kuat antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa. Nilai signifikannya diperoleh sebesar 0,001<0,05 maka terdapat hubungan positif dan signifikan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ali Akbar
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:01
Last Modified: 05 Aug 2021 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39685

Actions (login required)

View Item View Item