Studi komparasi kemampuan membaca Al-qur’an antara siswa lulusan MI dengan SD pada kelas VII SMP Plus Daarul Fudlola Kabupaten Bogor

Ro'ji, Farid Fahrul (2020) Studi komparasi kemampuan membaca Al-qur’an antara siswa lulusan MI dengan SD pada kelas VII SMP Plus Daarul Fudlola Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan akan banyaknya anak usia remaja yang sekolah pada tingkat menengah pertama SMP maupun MTs yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang rendah, dilihat dari kemampuan baca Al-Qur’an yang belum lancar dan beberapa bahkan tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an. Alhasil kondisi ini memerlukan upaya strategis untuk memulihkan kondisi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI di SMP Plus Daarul Fudlola (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD di SMP Plus Daarul Fudlola (3) komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan SD di SMP Plus Daarul Fudlola. Penelitian ini mengarah pada pemikiran bahwa MI dan SD memiliki perbedaan yang berkaitan dengan materi, alokasi waktu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparasi yaitu melihat perbedaan antara variabel X (kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI) dan variabel Y (kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD). Kemampuan membaca Al-Qur’an disini dapat diartikan sebagai kompetensi yang melekat dalam diri seseorang yang memadukan dari sisi aspek pengetahuan, nilai, sikap yang diaktualisasikan dalam bentuk tindakan nyata sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, yang hasilnya siswa dapat mendapatkan khazanah keilmuan yang mumpuni dalam membaca Al-Qur’an, baik itu kaitannya dengan aspek ilmu tajwid, gharib, makharijul huruf, dan sifatul huruf. Penelitian ini ada dua hipotesis yang digunakan, yaitu hipotesis nol (H0) yaitu hipotesis yang menyatakan tidak ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan SD di SMP Plus Daarul Fudlola, dan hipotesis alternatif (Ha) yaitu hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan SD di SMP Plus Daarul Fudlola. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI adalah berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dengan rata- rata sebesar 76.5. Skor tersebut berada pada interval 70-79 yang menunjukan kategori baik. (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD adalah berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dengan rata- rata sebesar 76.92. Skor tersebut berada pada interval 70-79 yang menunjukan kategori baik. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui thitung sebesar 0.32 dan ttabel sebesar 2.01. Hasil tersebut terbukti bahwa thitung lebih kecil daripada ttabel. Keadaan demikian menunjukan Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti menunjukan tidak ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an dan sama baiknya antara lulusan MI dengan SD di SMP Plus Daarul Fudlola. Kata kunci: Kemampuan Membaca, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: komparasi; kemampuan siswa; membaca Al-quran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Fahrul Roji
Date Deposited: 28 May 2021 06:50
Last Modified: 28 May 2021 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39621

Actions (login required)

View Item View Item