Pengaruh pola asuh otoriter dan regulasi emosi terhadap disiplin belajar mahasiswa bersuku batak di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rofikoh, Amanah (2021) Pengaruh pola asuh otoriter dan regulasi emosi terhadap disiplin belajar mahasiswa bersuku batak di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Suku batak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Suku Batak ini terkenal dengan cara mendidik anaknya yang tegas dan nilai-nilai budaya yang dianutnya.Dalam istilah psikologi cara mendidik orangtua dinamakan pola asuh. Pola asuh tersebut membuat Mahasiswa memiliki sikap disiplin. Dan dari segi usia Mahasiswa yang termasuk kedalam remaja akhir memiliki regulasi emosi yang baik dari tahapan usia sebelumnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter dan regulasi emosi terhadap disiplin belajar. Adapun pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Penelitian ini dilakukan kepada Mahasiswa bersuku Batak UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Peneliti menggunakan sampel 86 responden dari 110 responden yang mengikuti organisasi daerah yaitu KABAMSU (Keluarga Besar Mahasiswa Sumatera). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala pola asuh otoriter, skala regulasi emosi, dan skala disiplin belajar. Adapun Teknik pengolahan dan analisis data yaitu uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastitas. Selain itu untuk pengujian hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda yang meliputi Uji t ( Coefficiens ) dan Uji F (Anova). Hasil yang didapatkan dari uji F yaitu bahwa pola asuh otoriter dan regulasi emosi memiliki pengaruh stimultan terhadap disiplin belajar. Kemudian dari data output SPSS uji t dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pola asuh otoriter terhadap disiplin belajar dan terdapat pengaruh yang signifikan regulasi emosi terhadap disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoriter; Regulasi Emosi; Disiplin Belajar; Mahasiswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Amanah Rofikoh Zaenal
Date Deposited: 27 May 2021 03:01
Last Modified: 27 May 2021 03:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39528

Actions (login required)

View Item View Item