Pengaruh konseling Behavioristik teknik Positive Reinforcement untuk meningkatkan konsep diri positif siswa : Penelitian di Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Serang

Jannah, Fiqhi Ashabul (2021) Pengaruh konseling Behavioristik teknik Positive Reinforcement untuk meningkatkan konsep diri positif siswa : Penelitian di Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Serang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Penguatan menjadi salah satu dari delapan keterampilan dasar mengajar guru. penguatan sangat berperan dalam proses belajar mengajar. Penguatan yang dilakukan oleh guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 45 orang. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Variabel penelitian meliputi teknik positif reinforcement sebagai variabel bebas dan konsep diri positif sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Dilakukan uji prasyarat, uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konseling behaviorsitik teknik positif reinforcement dengan konsep diri positif. Selain itu, teknik yang diberikan oleh guru selama ini harus tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi siswa, agar penguatan menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling; Behavioristik; Positive Reinforcement; Konsep Diri Positif; Sekolah Dasar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fiqhi Ashabul Jannah
Date Deposited: 27 May 2021 04:37
Last Modified: 27 May 2021 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39522

Actions (login required)

View Item View Item