Strategi pembinaan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kualitas kreativitas santri : Studi deskriptif Pondok Pesantren Miftahul Falah Kp. Sindangsono Desa Sukamanah Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya

Cintia, Cintia (2021) Strategi pembinaan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kualitas kreativitas santri : Studi deskriptif Pondok Pesantren Miftahul Falah Kp. Sindangsono Desa Sukamanah Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Santri yang berkualitas merupakan bukti konkret keberhasilan pesantren dalam membina santri. Untuk mencapai keberhasilan itu suatu lembaga harus memiliki strategi. Karena strategi ialah suatu rencana atau langkah-langkah yang ditentukan untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, strategi menjadi hal yang urgensi dalam melakukan pembinaan agar tujuan dari pesantren tersebut tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi pembinaan yang meliputi program-program yang dilaksanakan, proses pembinaan dan hasil dari program Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kualitas kreativitas santri. Dalam meningkatkan kualitas kreativitas santri, diperlukan suatu cara yaitu strategi pembinaan agar menghasilkan lembaga pesantren yang mampu mengarahkan santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu menjelaskan data-data mengenai strategi pembinaan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kualitas kreativitas santri secara rinci dan tersusun dengan baik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dan pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Semua data dikumpulkan, kemudian diklasifikasikan sesuai fokus penelitian dan terakhir data tersebut disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembinaan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kualitas kreativitas santri yaitu adanya program yang terdiri dari kegiatan harian, mingguan bulanan dan tahunan. Adapun proses pembinaan yang dilakukan Pondok Pesantren Miftahul Falah dilakukan melalui tiga tahap meliputi tahap penyadaran dan pembentukan perilaku menuju perilaku sadar dan peduli sehingga merasa membutuhkan peningkatan kapasitas diri, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, kecakapan, keterampilan agar terbuka wawasan dan keterampilan dasar sehingga dapat mengambil peran, dan tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan, keterampilan sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan pada kemandirian. Hasil dari program yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Miftahul Falah yaitu santri mempunyai keahlian dalam bidang kajian kitab kuning, tilawatil Qur’an, seni musik dan adat Islami. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembinaan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam Meningkatkan Kualitas Kreativitas Santri sudah terwujud sehingga mampu melahirkan santri yang mempunyai wawasan luas dalam pemahaman ilmu-ilmu agama Islam dan memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Namun dalam proses pembinaan tahap transformasi kemampuan, bidang sarana prasarana sedang diperbaiki dan meningkatkan sumber daya pembina.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi pembinaan;pondok pesantren;santri
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cintia Cintia
Date Deposited: 25 May 2021 02:24
Last Modified: 25 May 2021 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39468

Actions (login required)

View Item View Item