Implementasi qanun Aceh nomor 11 tahun 2018 tentang lembaga keuangan syariah dan kaitannya dengan praktik riba di masyarakat Desa Alue Dawah

Perdana, Putri (2021) Implementasi qanun Aceh nomor 11 tahun 2018 tentang lembaga keuangan syariah dan kaitannya dengan praktik riba di masyarakat Desa Alue Dawah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Aceh merupakan salah satu provinsi yang menerapkan syariat Islam dalam tata kehidupannya, qanun tentang lembaga keuangan syariah saat ini menjadi salah satu cara pemerintah menciptakan ekonomi masyarakat Aceh yang sesuai dengan ajaran Islam. Terlepas dari qanun tersebut, masyarakat Aceh khususnya di desa Alue Dawah kecamatan Babahrot, saat ini masih ada yang melakukan praktik muamalah tidak sesuai dengan ajaran islam, praktik muamalah yang dimaksud ialah transaksi yang masih menandung unsur riba. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pemahaman masyarakat desa Alue Dawah terdapat riba (2) mengetahui jenis praktik riba yang sering dilakukan oleh masyarakat desa Alue Dawah (3) mengetahui penerapan qanun Aceh No. 11 Tahun 2018 terhadap praktik riba di masyarakat desa Alue Dawah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan yuridis normatif, untuk mengumpulkan data yang ada di masyarakat desa Alue Dawah dan menggambarkan atau memaparkan apa adanya dari hasil penelitian dan melakukan singkronisasi qanun Lembaga Keuangan Syariah sehungga dapat disusun dan dituangkan dalam bentuk tulisan (naratif), ditafsirkan serta dianalisis. Sumber data primer berupa informasi yang diperoleh dari masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang, PNS, guru, petani, IRT dan buruh, tentang praktik riba dan penerapan qanun LKS di masyarakat. Sedangkan data sekunder dari berbagai referensi buku, jurnal, undang-undang, dan qanun serta studi literature yang serumpun. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) masyarakat desa Alue Dawah memiliki pemahaman yang cukup baik tentang riba dan hukumnya, meskipun tidak dapat menjelaskana secara sistematis, hal ini terlihat dari berbagai sudut pandang masyarakat menilai riba (2) praktik riba yang sering dilakukan masyarakat desa Alue Dawah ialah riba qard dan riba jahiliyah (3) penerapan qanun lembaga keuangan syariah masih belum menunjukkan keterkaitan dengan praktik riba yang dilakukan oleh masyarakat desa Alue Dawah, hal ini karena masyarakat yang tidak bertransaksi di lembaga keuangan syariah masih mengandalkan bank keliling dan kebiasaan pinjaman jahiliyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Syariah; Qanun; Riba
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Riba
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Putri Perdana Sitinjak
Date Deposited: 28 May 2021 04:29
Last Modified: 28 May 2021 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39446

Actions (login required)

View Item View Item