Gaya kepemimpinan ketua yayasan dalam mengoptimalkan kinerja pegawai : Penelitian di Yayasan Baitul Hikmah Al-Hadi Kabupaten Bandung

Awalani, Elda Fitra (2021) Gaya kepemimpinan ketua yayasan dalam mengoptimalkan kinerja pegawai : Penelitian di Yayasan Baitul Hikmah Al-Hadi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena gaya kepemimpinan menjadi masalah menarik serta memiliki pengaruh disetiap organisasi. Salah satu syarat kesuksesan prestasi tujuan organisasi ialah memilki kesesuain gaya kepemimpinan, norma, serta kultur organisasi. Faktanya dalam menjalankan kepemimpinan di Yayasan Baitul Hikmah Al-Hadi memiliki hambatan dalam sistem imbalan sehingga pemimpin harus lebih ekstra dalam mengoptimalkan kinerja pegawai. Maka dari itu karakter kepemimpinan Ketua Yayasan sangat diperlukan untuk mengetahui cara mengoptimalkan kinerja pegawai, motivasi dan evaluasi yang dilakukan Ketua Yayasan dalam mengoptimalkan kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menggambarkan tentang gaya kepemimpinan ketua yayasan dalam mengoptimalkan kinerja pegawai, adapun tujuan inti penelitian ini ialah untuk mengetahui proses kepemimpinan ketua yayasan dalam menjalankan sebuah organisasi serta pihak- pihak yang terlibat dalam organisasi tersebut. Penelitian ini didasarkan pada kepemimpinan mempunyai pengaruh antarpribadi yang dilakukan diberbagai situasi dan diarahkan demi mencapai tujuan, yang menjadi keberhasilan kepemimpinan ialah karakter seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya. Motivasi, evaluasi yang dilakukan seorang pemimpin terhadap bawahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengambarkan serta menganalisis hasil penelitian secara holistik. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan Ketua Yayasan Baitul Hikmah Al-Hadi memilki Gaya kepemimpinan Partisipatif. karakter atau sifat kepemimpinan Ketua Yayasan memiliki ketegasan, ketangakasan berkomunikasi dan sosial, karena dilihat dari proses motivasi dan evaluasi pegawai PKBM diserahkan kepada ketua PKBM. Dalam proses pemberian motivasi dilakukan saat proses pengajian dalam bentuk verbal selain itu adanya pemberian reward dalam bentuk seragam kepada pegawai. Evaluasi kinerja pegawai Yayasan Baitul Hikmah Al-Hadi para ketua melaporkan kegiatan yang sudah terlaksana. Setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan pegawai, dilaporkan kepada Ketua Yayasan dalam bentuk data dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Kinerja Pegawai;
Subjects: Indonesia
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Elda Fitria Awalani
Date Deposited: 25 May 2021 01:31
Last Modified: 25 May 2021 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39435

Actions (login required)

View Item View Item