Hubungan manajemen pemasaran dengan keputusan santri memilih masuk Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash : Penelitian pada santri baru di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawilor Kuningan

Baqiyatusholihah, Ika (2020) Hubungan manajemen pemasaran dengan keputusan santri memilih masuk Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash : Penelitian pada santri baru di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawilor Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan penulis pada Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash karena dari tahun ke tahun santri baru Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash terus meningkat, dari studi pendahuluan diduga dikarenakan pemasaran yang baik. Maka penulis tertarik melihat manajamen pemasaran yang dilakukan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash sehingga para calon santri baru memutuskan untuk memilih masuk Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas manajemen pemasaran pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al Ikhlash Ciawilor Kuningan, 2) realitas pengambilan keputusan santri memilih masuk Pondok Pesantren Modern Al Ikhlash Ciawilor Kuningan, 3) realitas hubungan manajemen pemasaran dengan keputusan santri memilih masuk Pondok Pesantren Modern Al Ikhlash Ciawilor Kuningan. Penelitian ini didasarkan bahwa banyaknya santri memilih masuk suatu lembaga pendidikan salah satunya berdasarka manajemen pemasaran dilembaga pendidikan tersebut, dimana apabila manajaman sebuah lembaga pendidikan baik maka keputusan santri memilih lembaga pendidikan tersebut akan baik dan jumlah santri akan bertambah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif korelasioner. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), analisis parsial perindikator, uji normalitas data, penafsiran variable, analisis korelasi dan pengaruh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa realitas manajemen pemasaran pondok pesantren modern Al-Ikhlash yaitu 3,16 angka tersebut diperoleh dari hasil bagi anatara mean sebesar 63,59 dengan jumlah angket 20 item dan angka tersebut termasuk pada kualifikasi sedang karena terdapat pada rentang interval 2,5 – 3,5. Realitas keputusan santri memilih masuk pondok pesantren modern Al-Ikhlash yaitu 3,34 angka tersebut diperoleh hari hasil bagi anatara mean sebesar 67,29 dengan jumlah angket 20 item dan angka tersebut termasuk pada kualifikasi sedang karena terdapat pada rentang interval 2,5 – 3,5. Hubungan manajemen pemasaran dengan keputusan santri memilih masuk pondok pesantren modern Al-Ikhlash berkolerasi positif dan signifikan, dengan koefesien korelasinya sebesar 0,636 artinya angka tersebut berada pada rentang 0,60 - 0,80 termasuk kategori korelasi cukup. Hasil uji hipotesis yaitu, berdasarkan nilai t dari tabel coefficients diketahui nilai thitung sebesar 4,877 > ttabel 2,03011 diartikan bahwa hipotesis H0 ditolak dan Hα diterima. Koefisisen determinan mencapai 40,5%, angka tersebut juga mengisyarakan bahwa keputusan santri memilih masuk pondok pesantren Al-Ikhlash 59,5% nya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen pemasaran; keputusan memilih
Subjects: Adult Education
General Management
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ika Baqiyatusholihah
Date Deposited: 24 May 2021 07:33
Last Modified: 24 May 2021 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item