Pengaruh manajemen pembiayaan terhadap mutu lulusan madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung

Febriyanti, Citra Rizky (2020) Pengaruh manajemen pembiayaan terhadap mutu lulusan madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara manajemen pembiayaan terhadap mutu lulusan madrasah di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Manajemen pembiayaan merupakan proses pengoptimalan sumber dana yang sudah ada dan mengalokasikan dana tersebut serta mendistribusikannya untuk mendukung proses belajar mengajar yang nantinya akan menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui: 1) manajemen pembiayaan di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung, 2) mutu lulusan di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung, dan 3) pengaruh antara manajemen pembiayaan terhadap mutu lulusan madrasah di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, regresi linear sederhana, uji T dan koefisien determinasi. Penelitian ini memiliki kerangka berfikir yang dimana manajemen pembiayaan memiliki empat indikator diantaranya perencanaan pembiayaan, pelaksanaan pembiayaan, pengawasan pembiayaan dan pertanggungjawaban pembiayaan. Sedangkan mutu lulusan memiliki tiga indikator yang terdiri dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Thitung (7,292) > Ttabel (2,035), yang artinya H0 ditolak. Lalu hasil dari uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai konstanta (a) sebesar 28,475 yang artinya mutu lulusan madrasah nya sebesar 28. Nilai koefisien regresi variabel (b) yaitu 0,831. Maksud dari angka-angka tersebut bahwa setiap penambahan 1% tingkat Manajemen Pembiayaan (X) maka mutu lulusan madrasah (Y) akan meningkat sebesar 0,831. Serta nilai R Square sebesar 0,617 atau yang berarti 61,7% mutu lulusan madrasah dipengaruhi oleh pembiayaan, sedangkan 38,3% nya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian adanya pengaruh antara manajemen pembiayaan terhadap mutu lulusan madrasah (penelitian di Madrasah Aliyah Al Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembiayaan; dan; Mutu; Lulusan; Madrasah.
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Citra Rizky Febriyanti
Date Deposited: 24 May 2021 04:45
Last Modified: 24 May 2021 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39408

Actions (login required)

View Item View Item