Aktivitas beragama kader perempuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung: Studi terhadap motivasi politik dan peran publik kader perempuan Partai Keadilan Sejahtera Kota Bandung

Naan, Naan (2011) Aktivitas beragama kader perempuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung: Studi terhadap motivasi politik dan peran publik kader perempuan Partai Keadilan Sejahtera Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Tesis.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Tesis.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi tesis.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I AQ)
BAB I tesis.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III AKTIVITAS BERAGAMA KADER PEREMPUAN PKSKOTA BANDUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Agama dapat menjadi pandangan hidup bagi penganutnya. Ajaran-ajaran agama tercerna dan terintegrasi ke dalam diri, membentuk watak dan karakter orang yang mengimaninya. Ketika agama menjadi control etik, dengan sendirinya agama akan bersinggungan dengan tradisi yang sudah mapan. Oleh karena itu, Allah mengirim utusan-Nya sesuai dengan karakter dan bahasa di mana utusan itu tinggal. Tidak hanya bahasa linguistik yang disampaikan, tapi juga bahasa budaya dan cara berpikir suatu kaum. Partai Keadilan Sejahtera merupakan partai politik yang memiliki corak militansi keagamaan yang cukup kuat. Salah satu ejawantah militansi keagamaan ini tercermin pada para kader perempuan partai Islam ini, terutama saat bersinggungan dengan masyarakat di mana mereka tinggal. Kajian tentang kader perempuan Partai Keadilan cukup luas. Untuk itu, dibatasi dan dirumuskan kepada tiga pertanyaan penelitian. Melalui tiga pertanyaan ini, penulis ingin mengungkap kegiatan keagamaan kader perempuan PKS kota Bandung, motivasi politiknya, dan peran publiknya.Tujuan penelitian tesis ini adalah ingin mengetahui kegiatan kader perempuan PKS kota Bandung, motivasi politiknya dan perannya di ruang publik sebagaimana tertuang dalam tiga pertanyaan dalam rumusan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dihasilkan bersifat deskriptif yang bersumber dari lapangan dan buku-buku yang mendukung. Yang menjadi objek data di lapangan adalah kader perempuan PKS dan didukung kader lainnya. Selain itu, buku-buku dan data-data tertulis internal partai masuk dalam kategori ini. Yang dimaksud dengan buku-buku yang mendukung adalah buku-buku yang bersinggungan dengan penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung. Data hasil pekerjaan lapangan dan hasil penelusuran buku kemudian di olah dengan cara memilah-milah menjadi satu kesatuan data, mensintesiskan, dan menentukannya untuk dijadikan kutipan hingga menjadi kesatuan argumentasi yang utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kader perempuan PKS kota Bandung memiliki kegiatan rutin seperti, liqo, sekolah ibu dan aktif dalam struktur partai. seluruh kegiatannya di nilai sebagai kegiatan keagamaan, karena orientasinya adalah ibadah. Motivasi politik kader perempuan PKS adalah dakwah. Motivasi inilah yang membuat mereka berperan aktif di ruang publik. di sisi lain, para suami dari kader perempuan member ijin seluas-luasnya, selama kegiatan tersebut maslahat baginya, bagi keluarga, bagi bangsa dan negara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Beragama; Motivasi Politik; Kader Perempuan; Partai Keadilan Sejahtera
Subjects: Islam > Islam and Politics, Fundamentalism
Political Process > Political Parties
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Studi Agama Agama
Depositing User: M.Ag Naan Ushuluddin
Date Deposited: 21 May 2021 10:25
Last Modified: 26 Aug 2021 09:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39387

Actions (login required)

View Item View Item