Solidaritas dalam menjaga eksistensi organisasi daerah : Studi pada keluarga pelajar dan mahasiswa Bekasi/ KAPEMASI Bandung

Larasati, Rahma (2021) Solidaritas dalam menjaga eksistensi organisasi daerah : Studi pada keluarga pelajar dan mahasiswa Bekasi/ KAPEMASI Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Organisasi Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Bekasi (KAPEMASI) Bandung merupakan organisasi yang sudah berusia lebih dari 50 Tahun namun masih tetap eksis hingga saat ini, hal ini terjadi karna tingginya rasa solidaritas anggota KAPEMASI. Sikap solidaritas ini yang menjadikan hubungan para anggota KAPEMASI tetap harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan solidaritas organisasi KAPEMASI Bandung, mengetahui bentuk hasil solidaritas dalam menjaga eksistensi organisasi KAPEMASI Bandung, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung solidaritas dalam menjaga eksistensi organisasi KAPEMASI Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data terdiri dari 14 orang informan yang terdiri dari pengurus dan anggota biasa, pada sumber data ini hanya terdiri dari Mahasiswa saja dikarenakan anggota dari kalangan Pelajar di organisasi ini sudah tidak ada, Pada teknik Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Dan pada teknik analisis data menurut Miles dan Haberman yang diantaranya adalah Reduksi data, Display data, dan pengambilan kesimpulan dan Verifikasi. Adapun teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah teori Solidaritas Sosial Emile Durkheim Berdasarkan dari hasil Penelitian ditemukan bahwa: 1). Landasan yang membentuk sikap solidaritas di organisasi KAPEMASI adalah karna adanya rasa kekeluargaan, kerjasama, dan bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan. Dari solidaritas ini dapat diketahui bahwa organisasi KAPEMASI ini memiliki bentuk solidaritas mekanik dan solidaritas organik sehingga organisasi ini tetap eksis hingga saat ini, meskipun organisasi KAPEMASI ini memiliki 2 bentuk solidaritas namun solidaritas mekanik di KAPEMASI lebih dominan; 2). Dengan adanya solidaritas di organisasi KAPEMASI maka menghasilkan eksistensi yang baik dengan bentuk eksistensi yang dimiliki KAPEMASI ini berupa kegiatan-kegiatan dan prestasi-prestasi yang didapatkan oleh KAPEMASI dalam ruanglingkup olahraga, prestasi anggota dan alumni yang mampu mengangkat nama baik KAPEMASI dikalangan masyarakat; 3). Sikap solidaritas yang dimiliki organisasi KAPEMASI ini terjadi karna adanya faktor pendukung, yang mana dalam hal ini seluruh angota KAPEMASI memiliki Semangat Kekeluargaan dan Semangat Berproses didalamnya, Namun disamping itu juga seringkali oranisasi KAPEMASI ini juga menemui faktor penghambat dalam menciptakan rasa solidaritas dalam organisasi KAPEMASI yaitu dengan adanya kesibukan lain yang dimiliki oleh anggota KAPEMASI di luar dari kegiatan KAPEMASI, terdapat permasalahan individu dengan individu lain di KAPEMASI, dan tidak adanya anggota KAPEMASI dari kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas; Eksistensi; Organisasi
Subjects: General Organizations in Indonesia
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rahma Larasati
Date Deposited: 21 May 2021 02:35
Last Modified: 21 May 2021 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39375

Actions (login required)

View Item View Item