Perubahan fungsi sosial-ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19: Penelitian deskriptif di Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

Tridianto, Muhamad Akbar Yulio (2021) Perubahan fungsi sosial-ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19: Penelitian deskriptif di Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta sosial bahwa Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang kehidupan, termasuk keluarga. Keluarga secara terpaksa harus membatasi aktivitas di luar rumah atau dengan kata lain lebih banyak berdiam di rumah. Hal tersebut tentu memungkinkan akan mengubah fungsi sosial-ekonomi pada keluarga. Penelitian ini bertujuan agar bisa mengetahui adaptasi keluarga pada masa pandemi melalui peran-peran sosial baru yang dilakukan oleh keluarga dari terjadinya perubahan-perubahan pada fungsi sosial-ekonomi keluarga. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah konsep AGIL terkhusus pada konsep adaptasi dari teori struktural fungsional Talcott Parson. Adaptasi menurut Parsons bahwa keluarga harus beradaptasi dengan lingkungan dan mengadaptasikan lingkungan dengan segala kebutuhan-kebutuhannya (ekonomi). Selain itu, adaptasi dilakukan dengan organisme perilaku dari keluarga yaitu sistem tindakan dengan menyesuaikan diri dan mengubah lingkungan eksternal. Metode penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer nya ialah keluarga-keluarga sejumlah 13 keluarga (jenuh) dan data sekunder nya ialah kajian ilmiah terdahulu dan dokumen dari Kelurahan Cibinong. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi partisipan, lalu melakukan wawancara semi struktur dan kajian literatur. Lebih lanjut, untuk teknik analisis datanya bersifat induktif atau berangkat dari data lapangan pada keluarga di Kelurahan Cibinong yang kemudian dilakukan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Adapun hasil temuan penelitian ini ialah terjadi perubahan fungsi sosial-ekonomi keluarga pada masa pandemi Covid-19 ini dibanding dengan sebelum terjadi pandemi. Perubahan fungsi sosial-ekonomi keluarga yang terjadi, di antaranya: fungsi sosial, keluarga membatasi interaksi di luar, mengambil alih fungsi lembaga pendidikan, meningkatnya kepedulian antar sesama, dan peralihan interaksi secara online. Sementara untuk fungsi ekonomi: pemusatan fungsi pada keluarga dan ketergantungan pada lembaga lain. Perubahan fungsi sosial-ekonomi keluarga tersebut disebabkan oleh faktor yang terjadi di internal dan eksternal keluarga. Perubahan fungsi sosial-ekonomi yang terjadi dalam keluarga merupakan cara keluarga beradaptasi dengan lingkungan baru di tengah pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keluarga;Pandemi;Covid19;Fungsi;Sosial;Ekonomi
Subjects: Change
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhamad Akbar Yulio Tridianto
Date Deposited: 21 May 2021 01:12
Last Modified: 21 May 2021 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39363

Actions (login required)

View Item View Item