Peran organisasi rumah ilmu dalam pendidikan literasi anak: Studi Rumah Ilmu Desa Suka Mekar Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Utara

Mawaddah, Lula Tazkia (2021) Peran organisasi rumah ilmu dalam pendidikan literasi anak: Studi Rumah Ilmu Desa Suka Mekar Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran remaja dalam pendidikan literasi anak. Analisis ini terletak di Rumah Ilmu Desa Suka Mekar Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi Utara. Rendanya minat literasi anak di Desa Suka Mekar menjadi salah satu alasan berdirinya Rumah Ilmu. Kurangnya perhatian orang tua dalam mengawasi anak pada penggunaan gadget juga menjadi alasan rendahnya minat literasi anak karena, anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game dibandingkan dengan mempelajari literasi. Rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program pendidikan literasi remaja Rumah Ilmu, faktor pendukung dan penghambat Remaja dalam pendidikan literasi anak, dan apa upaya yang dilakukan Remja dalam mengembangkan Rumah Ilmu. Teori yang di gunakan adalah teori AGIL dari Tallcot Parson. Adaptasi atau Adaptation, para pengurus harus beradaptasi ditengah minat literasi anak yang kurang. Tujuan atau Goal Attaitment Rumah Ilmu agar minat literasi anak semakin baik untuk kedepannya sehingga anak-anak dapat mengimbangi waktu belajar dan bermain. Intergarsi atau Intergation dengan penguatan internal organisasi. Pemeliharaan atau Latency Rumah Ilmu memperbaiki kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak dan bekerja sama dengan orang tua dalam mendidik anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yaitu pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, pengumpulan data dan analisis data demi mengetahui kondisi objektif di lapangan. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer, yaitu pengurus organisasi Rumah Ilmu. Kemudian sumber data sekunder yang di dapatkan melalui orang tua dan anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa program kerja yang dibuat oleh organisasi Rumah Ilmu menggunakan metode pembelajaran bermain dengan dan dibarengi belajar sehingga dalam proses belajar dan mengajar antusiame anak-anak menjadi bertambah. Faktor penghambat terjadinya proses belajar terhadapa anak salah satunya adalah rendah pendidikan orang tua disertai kurangnya pendampingan dari orang tua dalam mendidik anak. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung yaitu dengan adanya dukungan moril dan materil diberbagai kalangan masyarakat, pemerintah dan organisasi setempat sehingga bertahan sampai pada hari ini. Upaya yang di lakukan organisasi rumah ilmu dalam memelihara organisasi dengan melakukan perkenalan organisasi diberbagai desa yang juga membutuhkan organisasi Rumah Ilmu dalam pendidikan literasi anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebelum adanya Rumah Ilmu masyarakat cenderung kurang memperhatikan anak-anak mereka dalam belajar sehingga mengakibatkan banyak dari anak-anak di Desa Suka Mekar yang belum mengetahui apa itu literasi. Degan begitu Organisasi Rumah Ilmu mencoba membuat suatu perubahan terutama pada minat literasi anak di Desa Suka Mekar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: AGIL; Organisasi Rumah Ilmu; Literasi Anak;
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lula Tazkia Mawaddah
Date Deposited: 20 May 2021 04:16
Last Modified: 20 May 2021 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39341

Actions (login required)

View Item View Item