Pengaruh pembacaan kitab Al-Barzanji terhadap mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW : Studi di Pondok Pesantren Nuruzzaman Cilengkrang Bandung

Zabad, Faerus (2021) Pengaruh pembacaan kitab Al-Barzanji terhadap mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW : Studi di Pondok Pesantren Nuruzzaman Cilengkrang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Di Pesantren Nuruzzaman, cara untuk menumbuhkan mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW. adalah melalui kegiatan pembacaan Al-Barzanji di setiap malam Jumat. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama, namun masih memiliki permasalahan yang timbul di antaranya masih terdapat sebagian santri yang belum mengikuti secara serius kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Pondok Pesantren Nuruzzaman.; 2) mendeskripsikan gambaran mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW; 3) mendeskripsikan pengaruh pembacaan kitab Al-Barzanji terhadap mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu sebagian santri Pondok Pesantren Nuruzzaman sebanyak 41 orang. Data pada penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah: 1) analisis deskriptif; 2) uji validitas; 3) uji reliabilitas; 4) uji normalitas; 5) uji linieritas; 6) uji hipotesis (teknik korelasi product moment). Menurut Amin dan Haryanto dalam bukunya “The World Idol Muhammad Rasulullah” tanda-tanda seseorang yang mencintai Nabi Muhammad SAW, yaitu; mengikuti sunah-sunah Nabi SAW., bershalawat (mendoakan kebaikan) atas Nabi SAW., berupaya meneladani sifat dan kepribadiannya, melanjutkan perjuangan Rasulullah SAW., menegakkan risalah yang dibawanya, dan mencintai keluarga dan sahabat-sahabatnya. Maka salah satu cara untuk menumbuhkan mahabbah kepada Nabi Muhammad SAW. dapat dilakukan dengan membaca kitab Al-Barzanji, karena dalam kitab al-Barzanji terkandung silsilah keturunan Nabi Muhammad SAW., kisah perjalanan hidup Nabi ketika masih kecil, ketika remaja, dan dewasa, pengenalan nama-nama istri-istri Nabi dan anak-anak Nabi, kisah perjuangan Nabi ketika menjadi Rasul serta doa dan puji-pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembacaan kitab Al-Barzanji di Pesantren Nuruzzaman mendapat tanggapan dengan TCR rata-rata akhir sebesar 4,10 pada interval 3,40 – 4,19 dengan interpretasi tinggi. 2) Mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW. mendapat tanggapan dengan TCR rata-rata akhir sebesar 4,18 pada interval 3,40 – 4,19 dengan interpretasi tinggi. 3) Berdasarkan uji korelasi product moment menunjukkan bahwa pembacaan kitab Al-Barzanji (variable X) berpengaruh positif terhadap mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW. (variable Y) dengan nilai koefisien 0, 640 dalam rentang 0,600–0,799 dengan kategori kuat. Artinya, semakin baik pelaksanaan pembacaan kitab Al-Barzanji, maka akan semakin baik pula mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kitab Al-Barzanji; Santri; Mahabbah; Nabi Muhammad SAW.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Nabi dan Rasul
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Faerus Zabad
Date Deposited: 20 May 2021 02:32
Last Modified: 20 May 2021 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39340

Actions (login required)

View Item View Item