Bimbingan pranikah untuk meningkatkan pengetahuan calon pengantin tentang membangun keluarga sakinah di KUA Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang

Amalia, Rizky Putri (2021) Bimbingan pranikah untuk meningkatkan pengetahuan calon pengantin tentang membangun keluarga sakinah di KUA Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu tingginya angka perceraian yang terjadi di Kabupaten Sumedang terutama di Kecamatan Cibugel karena kurangnya pengetahuan pasangan suami istri tentang membangun keluarga sakinah. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan calon pengantin tentang membangun keluarga sakinah yaitu dengan dilaksanaknnya kegiatan bimbingan pranikah oleh KUA Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, tahapan , hambatan, dan hasil bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan pengetahuan calon pengantin tentang membangun keluarga sakinah. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa bimbingan pranikah merupakan proses pemberian bantuan berupa arahan yang di dalamnya terdapat tahapan dan juga unsur-unsur nya, kepada calon pengantin yang bertujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan calon penganting tentang membangun keluarga sakinah.Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasif dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang dapat meningkatkan pengetahuan peserta bimbingan pranikah/calon pengantin tentang membangun keluarga sakinah. Hal ini terlihat dari perubahan hasil nilai pre test dan post test, dan hal itu sesuai dengan hasil nilai yang didapat dari instrument pertanyaan yang diberikan kepada peserta bimbingan pranikah yang pada awalnya nilai para peserta bimbingan hanya dikategorikan cukup bahkan ada yang kurang, tetapi hasil akhirnya nya dapat dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah;Calon Pengantin;Keluarga Sakinah.
Subjects: Culture and Institutions > Family
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rizky Putri Amalia
Date Deposited: 19 May 2021 06:35
Last Modified: 19 May 2021 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39313

Actions (login required)

View Item View Item