Bimbingan Spiritual Building untuk membangun kesadaran beribadah bagi pasien rehabilitasi narkoba suntik di Yayasan Grapiks Cileunyi

Marlina, Elin (2021) Bimbingan Spiritual Building untuk membangun kesadaran beribadah bagi pasien rehabilitasi narkoba suntik di Yayasan Grapiks Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Maraknya kasus narkoba menjadi sebuah permasalahan global, tidak hanya di kota-kota besar saja namun di kota-kota kecil di seluruh wilayah Indonesia. Semakin hari pengguna serta pengedar semakin meningkat, sehingga mengakibatkan berbagai dampak negatif bagi pengguna. Tidak hanya terganggu fisiknya saja melainkan psikisnya seperti kurangnya kesadaran dalam beribadah serta menurunkan spiritualitas dalam dirinya. Tujuan penelitian ini untuk membahas bimbingan spiritual building dalam membangun kesadaran beribadah bagi pasien rehabilitasi narkoba suntik. Secara khusus pembahasannya diarahkan untuk menjawab masalah yang berhubungan dengan program, proses dan hasil bimbingan spiritual building untuk membangun kesadaran beribadah bagi pasien rehabilitasi narkoba suntik. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau teori menurut Hallen yang menyatakan bahwa, bimbingan konseling islam merupakan pemberian bantuan yang terarah, continue dan sistematis dalam mengembangkan potensi beragama yang dimiliki individu secara optimal dengan menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks bimbingan dan konseling islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan spiritual building merupakan proses pemulihan kecanduan narkoba yang dilakukan secara rutin dengan menggunakan metode bimbingan yang menanamkan nilai-nilai spritual keislaman serta penerapan 7 step narkotik religius pada pasien rehabilitasi. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap awal disebut dengan masa pengenalan lingkungan, tahap inti pemberian materi dan bimbingan serta tahap akhir evaluasi dan penugasan. Output proses bimbingan spiritual pada pasien rehabilitasi mampu menyadarkan pasien dalam beribadah serta membantu proses pemulihan secara maksimal. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan spiritual building dalam membangun kesadaran beribadah pasien rehabilitasi narkoba suntik di Yayasan Grapiks Cileunyi berjalan dengan lancar dan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritual; Kesadaran Beribadah; Narkoba
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Stress
Communities > Community Sociology
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Elin Marlina
Date Deposited: 19 May 2021 01:24
Last Modified: 19 May 2021 01:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39311

Actions (login required)

View Item View Item