Pengaruh kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (TPACK-P) Framework pada guru terhadap keefektifan pembelajaran PAI dan budi pekerti secara daring

Jamil, Hilwa Fathia (2021) Pengaruh kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (TPACK-P) Framework pada guru terhadap keefektifan pembelajaran PAI dan budi pekerti secara daring. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pada hasil studi pendahuluan, bahwa pembelajaran PAI dan Budi Pekerti secara daring belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Voogt dkk. menyatakan bahwa TPACK merupakan suatu kerangka yang menghubungkan pengetahuan dasar yang guru butuhkan untuk menciptakan keefektifan mengajar dengan menggunakan teknologi (Rahimi dan Shakiba Pourshahbaz 2019). Penambahan aspek kepribadian pada TPACK menjadi TPACK-P (Tecnological Pedagogical Content Knowledge Personality) merupakan suatu upaya sistematis dan terpadu dalam mendidik guru-guru masa depan (Rahmi dan Ashadi n.d.). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana realitas kemampuan TPACK-P Framework pada guru dan keefektifan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti secara daring serta bagaimana pengaruh kemampuan TPACK-P Framework pada guru terhadap keefektifan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti secara daring. Dilandasi dari pemahaman bahwa mengajar adalah kegiatan yang bersifat kompleks yang melibatkan berbagai jenis pengetahuan, maka berkembanglah sebuah kerangka kerja dengan melibatkan berbagai pengetahuan (Mishra dan Koehler 2006). Penggunaan kemampuan TPACK-P Framework dapat menciptakan sebuah pembelajaran yang efektif dan selaras dengan tujuan PAI dan Budi Pekerti yaitu membentuk peserta didik agar mempunyai akhlak atau kepribadian baik. Di mana hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh Kemampuan TPACK-P Framework pada Guru terhadap Keefektifan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti secara Daring Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode non-eksperimen seperti survey. Di mana peneliti nantinya akan melakukan penelitian dalam keadaan tanpa adanya manipulasi terhadap variabel terikat. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional atau biasa disebut juga dengan associational research. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Sebesar 86,17% guru menggunakan kemampuan TPACK-P Framework pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti secara Daring (2) Sebesar 84,38% pembelajaran PAI dan Budi Pekerti secara daring berjalan dengan efektif (3) Adanya pengaruh yang diberikaan variabel X kepada variabel Y sebesar 0,448 setiap kenaikan 1% nya. Hasil uji hipotesis menunjukan t_hitung>t_tabel=7.612>1.683 yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima dengan besar pengaruhnya yaitu sebesar 58,6% (R Square) atau memiliki pengaruh yang cukup kuat atau sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TPACK-P; Guru; Pembelajaran Daring; PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilwa Fathia Jamil
Date Deposited: 20 May 2021 04:10
Last Modified: 20 May 2021 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item