Bimbingan pra nikah bagi calon pengantin dalam mewujudkan keluarga bahagia : Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Solokanjeruk

Sari, Yuni Yustika (2021) Bimbingan pra nikah bagi calon pengantin dalam mewujudkan keluarga bahagia : Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Solokanjeruk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Setiap calon pengantin yang akan menikah diharapkan mempunyai bekal yang cukup dan memadai dalam menjalani bahtera rumah tangga. Agar calon pengantin dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang pernikahan dan mampu untuk mempertahankan keutuhan keluarganya. Oleh karena itu dibutuhkan peranan dari pemerintah melalui bimbingan pra nikah oleh KUA. Bimbingan pranikah sangat penting karena menyediakan informasi mengenai pernikahan yang dapat bermanfaat dalam mempertahankan keluarga yang bahagia. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau teori bimbingan pra nikah (Lilis Satriah) bahwa bimbingan pra nikah merupakan pelatihan berbasis pengetahuan dan keterampilan yang menyediakan informasi mengenai pernikahan yang dapat bermanfaat untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan pasangan yang akan menikah serta mampu memahami konsep pernikahan dan hidup berkeluarga berdasarkan peran dan fungsinya dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk membahas bimbingan pra nikah dalam mewujudkan keluarga Bahagia. Secara khusus pembahasannya diarahkan untuk menjawab masalah yang berhubungan dengan program, proses, dan hasil bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Solokanjeruk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Bimbingan Konseling Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa program bimbingan pra nikah dilakukan setiap hari Kamis yang dibimbing oleh para fungsionaris KUA Kecamatan Solokan Jeruk dan pihak tenaga medis dari Puskesmas. Prosesnya diawali dengan mempersiapkan persyaratan untuk pendafataran pernikahan setelah itu calon pengantin di undang untuk mengikuti bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Solokanjeruk. Kemudian diberikan materi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan simulasi. Hasil dari bimbingan pra nikah bisa dilihat dari antusias para calon pengantin yang mengikuti bimbingan pra nikah, calon pengantin mengetahui hakikat pernikahan, dan memahami bagaimana cara mewujudkan keluarga bahagia. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa bimbingan pra nikah bagi calon pengantin dalam mewujudkan keluarga Bahagia di KUA Kecamatan Solokanjeruk berjalan dengan lancar dan sukses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan pra nikah; calon pengantin; keluarga bahagia
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yuni Yustika Sari
Date Deposited: 18 May 2021 01:50
Last Modified: 18 May 2021 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39280

Actions (login required)

View Item View Item